Honda

Didampingi Istri, Pj Bupati Muba Duet Bersama Artis Ibukota di Acara Festival Embung Senja Diadakan Dispopar

Didampingi Istri, Pj Bupati Muba Duet Bersama Artis Ibukota di Acara Festival Embung Senja Diadakan Dispopar

Pj Bupati Muba Didampingi istri sekaligus Pj Ketua TP PKK Muba Duet Bersama Artis Ibukota di Festival Embung Senja 2024.-Kominfo Muba For Palpres.com-

SEKAYU, PALPRES.COM- Puncak festival Embung Senja yang diadakan di Desa Gajah Mati, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Muba, Sumatera Selatan berlangsung meriah.

Hal itu terlihat jelas dimana Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi didamping istri Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi duet bersama artis ibukota yakni Fira Cantika.

Kegiatan festival embung senja sendiri diadakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba untuk mempromosikan potensi wisata sekaligus melestarikan tradisi budaya bekarang.

Festival tersebut berlangsung meriah, dan disambut antusias masyarakat yang tampak hadir memadati Lapangan Sepak Bola Desa Gajah Mati pada Sabtu 13 Juli 2024 malam.

BACA JUGA:Festival Embung Senja Bakal Digelar di Lokasi Destinasi Wisata ADWI Terbaik 2023, Catat Tanggalnya

"Event ini merupakan bukti perhatian dari pemerintah daerah terhadap Destinasi Wisata Embung Senja, yang telah membuat bangga dan mengharumkan nama daerah karena mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata tingkat provinsi di tahun 2023," ujar Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi dalam sambutannya pada Malam Puncak Festival Embung Senja.

Lanjutnya, Festival bung Senja dirangkaikan dengan event bekarang dan pergelaran seni budaya. 

Untuk itu ia berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat serta mempromosikan mengenai festival bekarang agar bisa dikenal dan diketahui semua kalangan dari generasi ke generasi.

"Kegiatan ini bertujuan juga untuk mensupport daya tarik Kabupaten Muba di bidang pariwisata.

BACA JUGA:Muba Terus Lestarikan Tradisi Bekarang dengan Mengadakan Festival Embung Senja

Melalui adanya destinasi wisata yang layak untuk dipromosikan sehingga dikenal dan pastinya dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. 

Serta berdampak positif juga pada arus perekonomian Muba khususnya di Kecamatan Babat Supat," ungkapnya.

Tak lupa orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate tersebut mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan kepala daerah yang akan diselenggarakan bulan November 2024 mendatang.

"Jangan sampai golput, dan yang terpenting agar kita semua selalu menjaga kondusifitas wilayah yang zero konflik ini," imbuhnya.

BACA JUGA:Berjarak 86,4 Km dari Palembang, Destinasi Wisata di Muba ini, 2 Kali Juara Pesona Desa Wisata di Sumsel

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dispopar Muba M Fariz SSTP MM melaporkan dengan pelaksanaan festival ini selain memberikan hiburan kepada masyarakat juga mampu menggerakkan ekonomi di Kabupaten Muba khususnya UMKM yang ada di Kecamatan Babat Supat.

"Terimakasih kepada Desa Gajah Mati yang telah berkontribusi terhadap pergerakan desa destinasi wisata. 

Alhamdulillah pada tahun 2023 Destinasi Wisata Embung Senja telah mendapatkan anugerah Desa Wisata tingkat Provinsi dengan kategori kelembagaan dan daya tarik wisata terbaik," bebernya.

Sementara itu Camat Babat Supaya Deby Haryanto SSTP MSi mengucapkan terimakasih dan bangga dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Embung Senja.

BACA JUGA:Ide PJ Bupati Musi Banyuasin Tentang Wisata Perairan, Ini yang Bakal Dilakukannya

Mengingat dengan diadakannya festival ini selain dapat menghibur masyarakat juga melestarikan budaya serta menggerakkan perekonomian dalam wilayah Kecamatan Babat Supat.

Dikatakannya, dengan terdiri dari 16 desa dan penduduk berjumlah 39.828 jiwa Kecamatan Babat Supt merupakan salah satu kecamatan yang multikultural.

Dmana terdapat beragam suku etnis budaya, antara lain ada marga besar eks Babat Banyuasin, dan marga eks Supat.

Disamping itu ada etnis suku Jawa, Padang, Bugis, Batak, Bali dan lainnya, hidup dengan rukun dan saling menyayangi.

BACA JUGA:Destinasi Wisata di Muba Ini, Solusi Liburan Akhir Tahun, Menawarkan Keindahan Alam yang Eksotis!

"Tentunya sangat tepat sekali Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, mempercayai kami Kecamatan Babat Supat sebagai tuan rumah Festival Embung Senja.

Dengan keberagaman suku etnis budaya masyarakat Kecamatan Babat Supat. 

Pergelaran ini dapat meningkatkan kesadaran dan menghargai seni budaya yang diwariskan leluhur kita," pungkasnya.

Acara yang turut dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi juga Kepala OPD terkait tersebut dilanjutkan dengan penampilan artis ibu kota yakni Fira Cantika, serta penampilan berbagai seni budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: