Honda

Pemkab Muba Gencar Tekan Laju Inflasi, OPD Terkait Agar Lebih Proaktif dan Perkuat Koordinasi

Pemkab Muba Gencar Tekan Laju Inflasi, OPD Terkait Agar Lebih Proaktif dan Perkuat Koordinasi

Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro bersama OPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Randik.-Kominfo Muba For Palpres.com-

SEKAYU, PALPRES.COM- Rutin mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual melalui zoom meeting.

Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi serius menekan laju inflasi di wilayah Kabupaten Muba.

Rakor yang dilaksanakan secara virtual kali ini dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jendral Kementrian dalam negeri Tomsi Tohir, dan diikuti oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro bersama OPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Randik, Senin 29 Juli 2024.

Dalam arahannya Plt Sekjen Kemendagri mengatakan bahwa harga beras mulai merambah naik sedikit demi sedikit semenjak 3 minggu terakhir. 

BACA JUGA:Terus Maksimalkan Pengendalian Inflasi, Ini yang Dilakukan Pj Bupati Muba

Dia juga menambahkan masih adanya gangguan kendala dalam distribusi yang harus segera dievaluasi  dan berharap upaya – upaya yang dilakukan menjadi perhatian seluruh stakeholder untuk kedepannya.

Sementara Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendagri Bambang Wisnu menjelaskan secara umum harga beras,cabai,minyak goreng masih terpantau stabil namun mengakui mengalami kenaikan tidak lebih dari 1 persen. 

"Mari kita bersama-sama berupaya untuk mendorong regulasi agar segera diterbitkan dan diterapkan sehingga diharapkan DMO dapat segera pulih dan distribusi menjadi stabil. 

Dan kita juga berharap agar Pemda setempat mengawasi distributor agar tidak terjadi penimbunan barang,"ungkapnya.

BACA JUGA:Dukung Upaya Pemerintah Pusat Kendalikan Inflasi, Ini yang Dilakukan Pemkab Muba

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Epi Sulandri menyampaikan salah satu cara untuk menekan inflasi pada harga beras.

Menurutnya dengan melakukan secara berkala mengadakan operasi pasar murah disetiap kecamatan/kelurahan, menambah jumlah pengecer SPHP serta bekerja sama dengan stakeholder seperti Kepolisian,Pemda,Bi, dan lainnya dalam mengendalikan stabilitas harga beras.

Menyikapi yang disampaikan, Asisten II Setda Muba Andi Wijaya mengatakan bahwa Pemkab kabupaten Muba akan terus mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengatasi inflasi.

Untuk itu, lanjutnya kepada OPD terkait kepada petani lokal serta melakukan pengawasan kepada distributor dalam daerah sehingga kedepan dapat menekan dan menurunkan harga cabai di Kabupaten Musi Banyuasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: