Honda

Gangguan Usus Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Prodia Edukasi Masyarakat untuk Peduli Kesehatan Pencernaan

Gangguan Usus Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Prodia Edukasi Masyarakat untuk Peduli Kesehatan Pencernaan

Seminar Nasional Prodia menghadirkan diskusi bersama dr. Irsan Hasan, Sp.PD-KGEH, FINASIM, dr. Meidian Sari, Sp KJ dan Bernard Adi Duanta Tarigan S.Si sebagai narasumber.--

Misalnya, dispepsia, gastroenteritis, sindrom iritasi usus besar, sindrom usus besar tak sehat, GERD, kanker, dan sebagainya.

Adanya masalah atau gangguan pada sistem pencernaan akan berdampak juga pada kesehatan mental, hal tersebut terjadi dikarenakan adanya gut-brain axis.

BACA JUGA:Meningkatkan Kesehatan Mental dengan Mengelola Gengsi, Cara Efektif dalam Membangun Kebahagiaan, Cobain Deh!

BACA JUGA:Penting Banget! Ini 8 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Bulan Ramadan 2024, Bisa Bantu Kurangi Stress

Dalam kesempatan ini juga dijelaskan peran mikrobiota usus dalam memengaruhi tingkat stres seorang individu melalui perannya pada aksis Hipotalamus-Pituitari-Adrenal (HPA).

Sehingga, ketika terjadi ketidakseimbangan mikrobiota usus akan memicu peningkatan kadar hormon yang dihasilkan.

Hal ini dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah, kadar gula darah, dan disfungsi seksual.

dr. Meidian Sari, Sp. KJ menyapaikan hubungan kesehatan pencernaan dan Kesehatan mental, bahwa Salah satu faktor yang mempengaruhi orang dengan gangguan kejiwaan adalah ketidakseimbangan neurotransmitter mikrobiota usus bertanggung jawab memproduksi bahan kimia ini banyak obat psikiatri bertugas memanipulasi tingkat produksinyaMeningkatkan kesehatan usus dan juga meningkatkan kesehatan mental makanan yang Anda makan dapat memberikan dampak yang sama besarnya pada otak Anda seperti halnya obat-obatan yang Anda konsumsi pilihlah makanan dengan bijak.

BACA JUGA:Mau Tahu Apa Olahraga Paling Murah dan Bisa Memberikan Kesehatan Mental, Cek Disini Jawabannya

Sementara itu, Regional Product Excecutive, Bernard Adi Duanta Tarigan S.Si menjelaskan Gangguan pada pencernaan seringkali diabaikan.

"padahal akibatnya dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Pemeriksaan laboratorium juga perlu dilakukan untuk deteksi dini adanya gangguan jika terjadi gejela pada saluran pencernaan,"kata Bernard.

“Contohnya, gangguan pada keseimbangan mikrobiota usus dapat menimbulkan beragam penyakit, karena mikrobiota di saluran pencernaan turut memengaruhi kerja otak dan perilaku, serta kondisi psikologis seseorang. Maka dari itu, Prodia menyediakan pemeriksaan untuk mengetahui keseimbangan mikrobiota usus yang bernama ProHealthy Gut,” Tambah Indah.

Disisi lain, Dwi Daulay menjelaskan Roadshow seminar nasional awam yang diadakan di 11 kota ini merupakan upaya Prodia secara konsisten di dalam mengedukasi masyarakat melalui kegiatan yang ilmiah, namun tetap menyenangkan dan interaktif.

BACA JUGA:Ternyata Khasiat Air Panas Cocok Buat Kesehatan Jantung

"Dengan mengambil tema pencernaan sekaligus hubungan antara kesehataan percernaan dan mental, Prodia ingin memperkenalkan layanan terkait mental melalui aplikasi U by Prodia diantaranya Panel Mental Wellness Simple hingga komprehensif yang lebih personalized tetap dengan pendampingan dokter ahli yang bisa diakses melalui fitur chat with doctor,"ungkap Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: