Honda

Tutup Pekan QRIS Nasional 2024, BI Sumsel Targetkan Transaksi Digital di Sumatera Selatan Makin Pesat

Tutup Pekan QRIS Nasional 2024, BI Sumsel Targetkan Transaksi Digital di Sumatera Selatan Makin Pesat

Suasana penutupan Digital Kito Galo Pekan QRIS Nasional di Atrium Palembang Indah Mall menghadirkan Penyanyi Ziva Magnolia--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Bank Indonesia resmi menutup kegiatan Digital Kito Galo ke-5 dalam Rangkaian Pekan QRIS Nasional 2024 pada Ahad 26 Agustus 2024

Penutupan event Digital Kito Galo yang berlangsung di Atrium Palembang Indah Mall (PIM) ini juga dimeriahkan oleh penyanyi Ibukota Ziva Magnolia

Kegiatan yang diselenggarakan mulai  tanggal 16 Agustus 2024 di ini bertujuan untuk mengakselerasi dan mengedukasi ekonomi dan keuangan digital kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti pameran booth perbankan dan UMKM, layanan pembayaran pajak secara digital, talkshow, dan berbagai perlombaan menarik.

Pelaksanaan kegiatan DKG ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, Otoritas Jasa Keuangan, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), serta pelaku UMKM.

BACA JUGA:Tahun ke-5 Digital Kito Galo Sukses Dorong Perluasan Akseptansi Digitalisasi Sistem Pembayaran

BACA JUGA:Pekan QRIS Nasional 2024, BI Sumsel Selenggarakan Festival Jajan QRIS di Palembang Indah Mall

Pada DKG tahun ini, telah dilakukan berbagai kegiatan, antara lain penandatanganan komitmen Mall SIAP QRIS (Mall Sehat, Inovatif, Aman, Pakai QRIS) oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia sebagai bentuk komitmen 11 (sebelas) mall di Sumatera Selatan untuk mendukung pembayaran QRIS oleh merchant, dan launching penyediaan QRIS untuk pembayaran tiket LRT Sumatera Selatan. 

Hingga tanggal 25 Agustus 2024, rangkaian kegiatan DKG ke-5 tahun 2024 telah berhasil mendorong user experience QRIS warga Kota Palembang dengan mencatatkan peningkatan user QRIS perbankan sebesar 3,64%, peningkatan jumlah merchant QRIS sebesar 4,03%, dan peningkatan penjualan merchant di booth-booth UMKM binaan BI dan perbankan dengan transaksi menggunakan QRIS. 

Dalam penutupan DKG ke-5 tahun 2024, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Duddy Adiyatna, menyampaikan harapannya agar komitmen dan kolaborasi dalam mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan di Provinsi Sumatera Selatan dapat terus berlanjut, terutama melalui penggunaan QRIS yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran secara digital. 

Di tahun kelimanya, Digital Kito Galo yang mengangkat tema “Pakai QRIS untuk Indonesia Maju, #PayoPakaiQRIS!” ini menghadirkan beragam kegiatan mulai dari pameran booth Perbankan dan UMKM; layanan pembayaran pajak secara digital; talkshow; hingga berbagai perlombaan menarik yang bisa diikuti oleh anak dan dewasa. 

BACA JUGA:Kolaborasi Bank Indonesia dan MarkPlus Institute Perkuat Industri dan Pemasaran di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Bank Indonesia dan MUI Perkuat Kerjasama Pengembangan Instrumen dan Digitalisasi Ekonomi Keuangan Syariah

Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus mendorong perluasan akseptansi masyarakat terhadap digitalisasi sistem pembayaran.

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony Digital Kito Galo 2024, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Ricky P. Gozali, menyampaikan bahwa percepatan pergerakan roda ekonomi ritel yang mendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tidak terlepas dari akselerasi sistem pembayaran digital salah satunya QRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: