Honda

Akan Ada Kenaikkan Usia Pensiun di Seluruh Dunia, Benarkah?

Akan Ada Kenaikkan Usia Pensiun di Seluruh Dunia, Benarkah?

Pensiun di seluruh dunia akan di naikan--Freepik.com

Lalu Pada saat bersamaan, penting untuk merumuskan dan mendesain berbagai strategi kebijakan sebagai langkah antisipasi periode aging population pasca periode bonus demografi, salah satunya dengan peningkatan coverage dan partisipasi masyarakat pada program pensiun.

BACA JUGA:Nongkrong Makin Asyik! Inilah 5 Kafe Estetik di Jakarta dengan View Gedung Pencakar Langit

BACA JUGA:Oknum Aparat di Empat Lawang Dipecat Dikarenakan Terlibat Kasus Narkoba Berulang-ulang

Kebijakan untuk mendorong perluasan kepesertaan pensiun masyarakat ini secara umum telah terefleksi pada berbagai pengaturan terkait dengan sistem pensiun Indonesia dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) dan nantinya dalam berbagai peraturan pelaksanaan Undang-undang tersebut yang saat ini tengah disusun oleh Pemerintah bersama stakeholders terkait.

Penting untuk dicatat bahwa tekanan terhadap pemerintah dalam masa aging population tidak akan terlalu berat apabila berbagai potensi dari periode bonus demografi dapat dikapitalisasi secara efektif.

 Namun, apabila manfaat dari bonus demografi gagal diserap secara optimal, maka tekanan dari besarnya jumlah lanjut usia dalam populasi, misalnya dengan urgensi penyediaan berbagai bantuan sosial, akan lebih berat dibanding periode sebelum bonus demografi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: