Honda

Puncak Natal 2022, 15.587 Kendaraan Masuk Sumatera Lewat Tol

Puncak Natal 2022, 15.587 Kendaraan Masuk Sumatera Lewat Tol

PT Hutama Karya mencatat ada 15.587 kendaraan masuk Sumatera lewat jalan tol pada puncak Natal 2022--PT Hutama Karya

LAMPUNG, PALPRES.COM – Keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mempermudah masyarakat untuk masuk ke Pulau Sumatera.

Pada puncak Natal 2022 kemarin, PT Hutama Karya (Persero) Hutama Karya mencatat ada 15.587 kendaraan masuk Sumatera lewat jalan tol.

Peningkatan volume lalu lintas ini masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTSS maupun sebaliknya melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa lonjakan volume lalu lintas kendaraan pada mudik Nataru terjadi pada hari Jumat, 23 Desember 2022.

BACA JUGA: Simak! Pemilik KK dan KTP yang Berciri Ini akan Dihapus Bansosnya pada 2023

BACA JUGA:Beneran Gaji PNS 2023 Naik? Aturannya Sudah Ada Kok! Simak di Sini

“Total trafik di seluruh ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya mengalami pertumbuhan paling banyak pada hari Jumat mencapai total 880 ribu kendaraan. Angka ini meningkat hingga 26 persen atau mengalami kenaikan hampir 200 ribu dari trafik normal yaitu sebanyak 700 ribu kendaraan,” ujar Dwi dalam keterangan resminya yang diterima palpres.com.

Total trafik tersebut merupakan akumulasi dari Ruas Bakter, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Palembang-Indralaya, Ruas Pekanbaru-Dumai, Ruas Medan-Binjai, Ruas Binjai-Langsa Seksi 1 dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 2, 3 & 4.

Selain itu pada mudik Nataru ini, perusahaan telah mengoperasikan tanpa tarif tol Bengkulu-Taba Penanjung dan mulai pemberlakuan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang.

Pengoperasionalan Tol Lubuk Linggau-Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu-Taba Penanjung) paska dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022.

BACA JUGA:Begini Caranya Dapat Saldo Dana Gratis Khusus Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Tahun Depan

BACA JUGA:Begini Aturan BBM Beralih ke CNG, Harga Lebih Murah dari Pertalite Tapi Tangki ‘Segede Gaban’

Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu–Taba Penanjung).

“Pada Jumat, 23 Desember 2022, Ruas Bengkulu–Taba Penanjung mulai dioperasikan tanpa tarif sejak pukul 08.00 WIB, dan telah dilintasi hampir 2 ribu kendaraan,” tambahnya.

Lebih lanjut Dwi menambahkan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama mudik Nataru ini, perusahaan telah menyiapkan beberapa langkah strategis.

Seperti menambahkan fasilitas gardu tol di Gerbang Tol (GT) yang memiliki potensi kepadatan tinggi seperti di GT Bakauheni Selatan dan GT Kotabaru yang semula 5 jalur menjadi 7 jalur dan di GT Kotabaru yang semula 4 jalur menjadi 6 jalur.

BACA JUGA:Modal Tahun Baruan Nih, Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp1,3 Juta Hanya Berkunjung ke Website

BACA JUGA:Mengenang Tsunami Aceh 26 Desember 2004, Peristiwa Kelam Renggut 227.898 Korban Jiwa

Kemudian menyediakan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, SPBU modular di beberapa titik yakni di Rest Area KM 20 B Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Rest Area KM 189 Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung dan Rest Area Temporary KM 130 Ruas Pekanbaru-Dumai serta memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi.

“Selain itu, kami juga membagikan flyer yang didalamnya terdapat informasi terkait titik-titik kepadatan dan tata cara berkendara yang benar di jalan tol, serta souvenir kepada pengguna jalan sebagai apresiasi kepatuhan mengikuti tata tertib yang berlaku di jalan tol,” tutup Dwi Aryono Bayuaji, EVP Divisi OPT Hutama Karya.

Untuk kondisi lalu lintas saat ini, Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Status Pemegang KIS BJPS Kesehatan Agar Dapat Saldo Dana Gratis dari Pemerintah Tahun 2023

Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

“Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan,” jelasnya.

Pihaknya juga tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

BACA JUGA:Mengenal 12 Suku Melayu di Sumatera Selatan yang Wajib Diketahui

“Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada,” kata Dwi.

11 Jalan Tol Dibuka Saat Libur Nataru 2023

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, sejumlah ruas jalan tol di Indonesia mulai dibuka.

Jalan tol yang dibuka tersebut sudah tentu dalam kondisi mantap menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:Puluhan Tutup Penyerapan Air Jembatan Fly Over Sejaro Sakti-KPT Tanjung Senai Hilang

Bahkan sebagian besar jalan tol yang dibuka tersebut masih dalam kondisi fungsional. Artinya yang baru dibangun ini dibuka secara sementara selanjutnya kembali ditutup.

Tujuannya agar mobilisasi selama libur Nataru 2023 tidak mengalami hambatan.

Bahkan jika mengalami hambatan seperti macet panjang, pemerintah juga sudah menyiapkan beberapa strategi untuk mengurainya seperti contra flow dan one way.

Hal itu diungkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta.

BACA JUGA:Mengejutkan! Kontrak Belum Habis, Marc Marquez Hengkang dari Honda?

Kapolri menjelaskan bahwa pemerintah telah memiliki pola untuk mengaturnya agar berjalan dengan aman dan lancar.

Pola yang dilakukan berupa mengatur pola kepadatan arus kendaraan termasuk di jalan tol.

“Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khusus di jalan tol, tentu akan kita berlakukan proses rekayasa mulai dari contra flow sampai dengan one way atau satu arah,” jelas Kapolri.

Untuk itulah, dalam mendukung hal itu juga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka jalan tol yang baru dibangun, namun sudah dalam kondisi mantap.

BACA JUGA: Tinjau Gereja di Malam Natal, Kapolri Pastikan TNI-Polri Beri Rasa Aman Sepanjang Nataru

Berikut 11 daftar jalan tol siap beroperasi jelang Nataru 2023 sebagaimana dikutip Palpres.com dari video yang diunggah di kanal Youtube Kata Data Indonesia pada 17 Desember 2022.

1. Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung

Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km.

Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022.

BACA JUGA:Penyebaran Covid-19 di China Terus Meningkat, Separuh Penduduk Beijing Tertular

2.Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

Jalan tol Cisumdawu yang akan beoperasi yakni Seksi Pamulihan-Sumedang dengan panjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

3. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan Sa Ujung sepanjang 4,8 km
4. Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak 16,31 km

BACA JUGA:Diet Cocok untuk Diabetes Tipe 2, Tinggi Lemak – Rendah Karbohidrat

5. Tol Jakarta-Cikampek Selatan, Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km
6. Tol Sigli-Banda Aceh, Seksi 5 Balang Bontang-Kuto Baru sepanjang 7,3 km dan Seksi

7 Kuto Baru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km
8. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom perbaikan jalan nasional Cerme 0,975 km progress konstruksi

9. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km
10. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak 11,9 km selesai 20 Desember 2022

11. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km akan selesai akhir Desember.

BACA JUGA:Putin Kerahkan Mata-mata Cantik yang Beroperasi di AS, Eropa, dan Inggris

Ruas jalan tol nomor 3 hingga nomor 10 dikategorikan ruas tol yang dibuka secara fungsional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional sudah dalam kondisi mantap untuk memobilisasi masyarakat selama libur Nataru 2023.

“Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Triono Junoasmono mengatakan berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Yongki, panggilan akrab Triono Junoasmono menilai Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara.

BACA JUGA:Modal Tahun Baru! Saldo DANA Gratis Rp600 Ribu Langsung Cair

Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.

“Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada Desember 2022 untuk arus Nataru,” kata Yongki saat mendampingi Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara.

Selanjutnya Yongki mengatakan BPJT akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka-tutup tol tersebut, termasuk kesiapan fungsional Tol Tebing Tinggi-Indrapura.

“Hal ini untuk mendukung arus mudik Nataru, seperti pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol, rest area, dan penambahan personel,” terangnya.*

BACA JUGA:Ditemukan 'Kerajaan yang Hilang' Berusia 2.000 Tahun di Guatemala, Ada Lapangan Bola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: