Honda

Manfaatkan Lahan Kosong Makodim 0405/Lahat, Ternyata Tanaman Ini Bantu Ketahanan Pangan

Manfaatkan Lahan Kosong Makodim 0405/Lahat, Ternyata Tanaman Ini Bantu Ketahanan Pangan

Personil Kodim 0405/Lahat sedang mencangkul lahan kosong, yang akan ditanam terong ungu, Jumat 13 Januari 2023.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Manfaatkan lahan kosong di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0405/Lahat, Anggota dipimpin Pelda Danial Syahdali melaksanakan kegiatan ketahanan pangan dalam rangka pembuatan kebun hortikultura.

Hal itu dilakukan dengan menggemburkan tanah untuk menanam terong ungu di kebun, kegiatan tersebut bertempat di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat.

Pelda Danial Syahdali mengatakan kegiatan penanaman terong ungu ini sebagai upaya memanfaatkan lahan kosong.

"Untuk dijadikan kebun holtikultura serta untuk mendukung program ketahanan pangan sesuai yang dicanangkan oleh Pemerintah,” sebutnya, Jumat 13 Januari 2023.

BACA JUGA:Jenderal Bintang Satu Ini Kunjungan ke 3 Sekolah di Lahat, Ada Apa Gerangan?

Sementara itu, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priono SIP melalui Pasiter, Kapten Inf Bambang Nur Ragil menyampaikan, bahwa pembuatan kebun holtikultura sebagai upaya pemanfaatan lahan kosong yang berada diseputaran Makodim.

"Kegiatan penanaman terong ungu tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan, selain tanaman jagung yang sudah kami tanam sebelumnya," ulasnya.

Semoga tanaman yang ditanam ini, lanjut dirinya, menghasilkan panen yang memuaskan, dan nantinya hasil panen ini akan diserahkan kepada masyarakat, sehingga upaya ini dapat sedikit mengurangi beban perekonomian masyarakat.

"Baik itu sayur mayur, buah-buahan akan menunjang kebutuhan sehari-hari dari masyarakat, selain itu, ketersediaan sumber pangan pun akan tercukupi," sebut Bambang Nur Ragil.

BACA JUGA:Wow, PAD Lahat Tahun 2022 Over Target Tapi Dua Sektor Pajak Ini Belum Capai Target

Bambang Nur Ragil mengemukakan, pihaknya mengandeng Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan, untuk membagikan wawasan dalam pengelolaan lahan.

"Pastinya, dengan kultur tanah ini cocoknya bercocok tanam apa, agar ketika panen benar-benar menghasilkan sayuran dan buahan untuk membantu penduduk," jelasnya.

Ia menerangkan, tidak hanya terong ungu semata, ada juga, padi, cabai merah keriting, jagung, sayur kangkung hidroponik dan lain sebagainya.

"Kesemuanya itu, akan dibagikan kepada warga disekitar supaya mereka mengkonsumsinya tanpa harus membeli, dengan memanfaatkan halaman atau lahan kosong untuk bercocok tanam," tandas Bambang Nur Ragil.

BACA JUGA:Pemilik KIS BPJS Kesehatan Masih Bisa Dapat Dana PIP Rp1.000.000 Meski Tak Punya KIP, Simak Caranya di Sini

Berita Terkait, Jenderal Bintang Satu, Brigjen Pol Solihin SIK MH berkunjung ke tiga sekolah, dua diantaranya rupanya pernah bersekolah atau alumni disana.

Sebagai putra asli daerah Kabupaten Lahat, tentunya banyak wejangan dibagikan kepada siswa serta dewan guru.

"Betul, beliau memang alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lahat tahun 1988, dan ketika itu selama setahun sebagai guru," jelas Kepala SMAN 1 Lahat, Bambang SPd MPd, Jumat 13 Januari 2023.

Bambang menambahkan, kedatangan dosen Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tersebut, bernostalgia sekaligus bersilaturahmi dengan guru semasa beliau berseragam putih abu-abu.

BACA JUGA: BSU Cair Lagi 2023, Cek Faktanya dari Kemnaker

"Termasuk saya dulu guru beliau, ketika itu Pak Solihin sudah di kelas lll jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sekaligus berbagi wawasan kepada siswa," sebutnya.

Dirinya mengemukakan, wejengan yang dibagikan yakni agar seluruh siswa untuk rajin belajar, jauhkan dulu dari gadget dan selalu patuhi perkataan guru di sekolah.

"Disamping itu, beliau juga mengunjungi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santo Yosef, dimana alumni disana juga setelah itu mendatangi ke salah satu sekolah berada di Merapi," jelas Bambang.

Bambang meminta, dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan Brigjen Pol Solihin SIK MH, yang telah berbagi wawasan yang sangat bermanfaat.

BACA JUGA:Kota Lahat Bakal Disulap Seperti Yogyakarta, Satpol PP Terpaksa Lakukan Cara Ini ke PKL

"Tentunya ini, akan menjadikan motivasi bagi siswa di SMAN 1 Lahat, untuk terus belajar mengejar prestasi baik di bidang pendidikan maupun non akademik," pungkasnya.

Sementara itu, Brigjen Pol Solihin SIK MH menuturkan, dirinya sangat teringat selalu dengan masa-masa sekolah dulu, baik di SMP Santo Yosef dan SMAN 1 Lahat yang begitu menyimpan banyak kenangan indah.

"Banyak kenangan yang tersimpan di Lahat, termasuk juga guru-guru ada yang masih aktif mengajar, dan mereka sangat baik sekali," terangnya.

Ia berharap, agar kepada seluruh anak-anak yang masih mengejar ilmu pengetahuan, teruslah berkarya dan berprestasi karena dengan demikian menunjukkan kualitas dalam bersaing dengan sekolah lain.

"Tunjukanlah apa yang bisa kalian lakukan, dengan begitu, ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi akan membawa memori indah tersendiri," tegas Brigjen Pol Solihin SIK MH. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com