Honda

Pandawara: Ini Bukan Tentang Lampung, Tapi Tentang Planet Kita, Pemkot Lampung Siapkan 60 Petugas Kebersihan

Pandawara: Ini Bukan Tentang Lampung, Tapi Tentang Planet Kita, Pemkot Lampung Siapkan 60 Petugas Kebersihan

Aksi bersih-bersih Pandawara Group direspon Pemkot Lampung dengan menyiapkan 60 petugas kebersihan dan 5 truk pengangkut sampah.-IG/pandawaragroup-

BANDAR LAMPUNG, PALPRES.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) BANDAR LAMPUNG merespons aksi Pandawara bersihkan pantai terkotor nomor 2 di BANDAR LAMPUNG dengan menyiapkan petugas kebersihan.

Pemkot berencana mengirimkan 60 petugas kebersihan untuk membantu Pandawara Group dalam menyelesaikan masalah tumpukan sampah yang sudah ada selama bertahun-tahun. 

Rencananya, pembersihan pantai tersebut akan dilakukan pada Senin, 10 Juli 2023, pukul 07.00 WIB.

Upaya ini untuk mengatasi masalah tumpukan sampah di pantai yang terletak di jalan Ikan Selar, di belakang Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung. 

BACA JUGA:Pandawara 'Nobatkan' Pantai Terkotor Nomor 2 di Indonesia ada di Bandar Lampung

Pantai tersebut telah dijuluki sebagai pantai terkotor nomor 2 di Lampung oleh Pandawara Group, sebuah kelompok lingkungan yang peduli terhadap kebersihan pantai.

Dikutip dari MediaLampung Budiman P Mega selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, menyatakan siap bantu dan mendukung penuh terhadap upaya untuk membersihkan sampah di kota Tapis Berseri. 

"Kami akan mengirimkan 60 petugas dan 5 mobil untuk mengangkut sampahnya," ujar Budiman. 

DLH Kota Bandar Lampung juga telah berkoordinasi dengan camat dan UPT untuk menyiapkan kendaraan yang akan mengangkut sampah tersebut.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Kena Sentil Netizen: Duh Lampung Lagi, Pantai Terkotor Nomor 2 di Indonesia Ada di Lampung

Meskipun pembersihan pantai dilakukan secara rutin, masih banyak sampah yang terdapat di pantai tersebut. 

Menurut Budiman, sampah tersebut berasal dari laut dan juga dari nelayan setempat. 

Banyak sampah yang terperangkap di jaring nelayan dan terbawa ombak ke pantai.

Terkait dengan pernyataan Pandawara Group yang menyebut pantai Bandar Lampung sebagai pantai terkotor nomor 2 di Indonesia, Budiman menerima penilaian tersebut dengan lapang dada. 

BACA JUGA:5 Daerah Paling Maju di Lampung, Bukan Pringsewu Juaranya, Tapi Kota Ini

Ia menyadari bahwa masalah sampah bukan hanya terjadi di pantai Bandar Lampung, tetapi juga di pantai-pantai lainnya di daerah lain. 

Yang terpenting, menurut Budiman, adalah melakukan pembersihan bersama-sama dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Ini Bukan Tentang Lampung, Tapi Ini Tentang Planet Kita

Pandawara Group seolah menepis tanggapan untuk menjelekkan kinerja pemerintah di Provinsi Lampung.

Dalam postingan di akun instagramnya pada Minggu, 9 Juli 2023, Pandawara Group mengingatkan kepada masyarakat untuk aksi bersih-bersih pada hari ini Senin, 10 Juli 2023.

"ini bukan hanya tentang Lampung, tapi ini tentang planet kita. siap untuk besok warga lampung?!" tulis caption postingannya.

Pada postingan tersebut terlihat tumpukan sampah yang menggunung di bibir pantai kota Bandar Lampung.

Melalui kolom komentar berbagai relawan merespon siap membantu kelancaran aksi bersih-bersih.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by pandawara (@pandawaragroup)

"mohon izin kami Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG insyallah akan turut serta dalam kegiatan aksi bersih-bersih pantai besok bersama pandarawa group", tulis hmt****.

"Siap merapat besok bang", ucap erfianti****.

Pandawara Group Ajak Seribu Warga Lampung Bersihkan Pantai Terkotor Nomor 2

Pandawara Group juga turut mengajak semua masyarakat di Provinsi Lampung untuk ikut berpartisipasi dalam membersihkan pantai Jalan Ikan Selar yang dianggap sebagai pantai terkotor nomor 2 di Indonesia. 

Pandawara Group menobatkan pantai terkotor ke-2 ada di Bandar Lampung setelah sebelumnya virak Pantai Teluk, Banten menjadi terkotor di Indonesia.

Pandawara dikenal dengan aksinya membersihkan sampah di berbagai wilayah yang dianggap kotor.

Kali ini Pandawara Group mengajak seribu masyarakat Lampung untuk berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih pantai. 

Melalui akun Tiktok resmi mereka, Pandawara Group mengumumkan rencana mereka untuk membersihkan pantai terkotor nomor 2 di Indonesia yang terletak di Jalan Ikan Selar, Bandar Lampung.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun tiktok @pandawaragroup, salah satu personel Pandawara dengan latar belakang tumpukan sampah plastik yang menggunung, mengimbau dan mengajak masyarakat Lampung untuk bergabung dalam upaya membersihkan pantai yang sangat tercemar tersebut.

"Lampung, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor nomor 2 di Indonesia ada di daerah kalian," ujar salah satu anggota Pandawara dalam video tersebut.

Pandawara mengajak seribu warga Lampung untuk bergabung dalam aksi membersihkan pantai tersebut. 

Mereka menyebutkan bahwa kegiatan pembersihan pantai akan dilaksanakan pada Senin, 10 Juli 2023, pukul 07.00 WIB. 

Disebutkan juga lokasi pantai secara detail berada di Jalan Ikan Selar, Bandar Lampung, di belakang Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Dalam video tersebut, Pandawara Group menekankan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah daerah untuk menangani masalah lingkungan ini. 

Mereka juga mengungkapkan keprihatinan atas kurangnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan sekitar, serta mengajak semua pihak untuk menjaga dan merawat lingkungan di sekitar mereka.

@pandawaragroup TONTON SAMPE AKHIR! Dicari 1000 orang masyarakat Lampung untuk hadir clean up di hari senin 10 juli 2023 jam 7 pagi! alamat lengkap ada di akhir video! #pandawara #onedayonetrashbag #cleantok ♬ Hurt (Αs performed by Christina Aguilera) - Pop Music Workshop

Pandawara Group sendiri merupakan kelompok yang terdiri dari lima sekawan asal Bandung. 

Dalam akhir video, Pandawara Group juga menampilkan harapan anak-anak yang berharap pantai di sekitar rumah mereka dapat menjadi bersih dan terawat dengan baik. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: