7 Hasil Kerajinan di Ogan Ilir, No 4 Sudah Diekspor ke Australia

Rabu 21-12-2022,21:09 WIB
Reporter : Widjan
Editor : Ella Twit

Di Kelurahan Tanjung Batu ini juga ada gallery ibu Yati Oegha yang memiliki pusat persewaan, penjualan dan pembuatan pakaian pengantin dan adat di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel. 

Beliau memiliki ratusan koleksi pakaian pengantin dan pakaian adat lengkap dengan aksesoris dan kelengkapannya. Kualitasnya sudah sangat baik, rapi dan menawan. 

BACA JUGA:Mengenal Kerajinan Laquer Palembang, Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya

Tak heran jika pelanggannya datang dari seluruh penjuru provinsi, bahkan kabarnya Ketua TP PKK Febrita Herman Deru pun membeli keperluannya ke gallery Yati Oegha ini.

3. Kerajinan Perlengkapan Rumah Tangga Alumunium

Bukan hanya kerajinan emas perak, Tanjung Batu juga memiliki potensi pengrajin pembuat alat perlengkapan rumah tangga dari alumunium seperti panci, kuali, kukusan, saringan, rantang, oven bakar, dandang, dan lain sebagainya.

Kami berkunjung ke beberapa pengrajin, diantaranya toko perlengkapan rumah tangga alumunium Salmi yang sudah menjual perlengkapan ini lebih kurang puluhan tahun.

4. Kerajinan Rumah Knock-down

BACA JUGA:Festival Burai 2022, Pertunjukan Seni Budaya Terbesar di Ogan Ilir Siap Digelar

Kami berkunjung ke pengusaha rumah knock down Pak Kosasih yang berada di Jalan Angkatan 445 kelurahan tanjung batu Timur, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. 

Usaha ini telah dijalani beliau selama belasan tahun secara turun temurun. Saat ini beliau telah menurunkan usaha ini kepada menantunya, bapak Agus untuk diteruskan usahanya.

Menurut keterangan pak Agus, saat ini pesanan rumah knock down sudah sampai keluar negeri, seperti Malaysia dan Australia. 

Kebanyakan yang memesan adalah untuk cottage selain rumah-rumah pribadi.

BACA JUGA:7 Wisata Religi di Kabupaten Ogan Ilir, Nomor 5 Jarang Diketahui

Kategori :