Simak Bagaimana Aplikasi Slip Gaji dapat Bantu Pengelolaan Gaji Karyawan Lebih Mudah

Sabtu 31-12-2022,00:29 WIB
Reporter : Iqbal DJ
Editor : Iqbal DJ

Payslip modern menggunakan format digital yang dapat dikirim melalui email masing-masing karyawan. E-payslip dapat diakses kapan pun oleh karyawan bersangkutan. Berbekal software atau aplikasi, Anda akan mendapat sejumlah keuntungan berikut ini.

● Pendataan yang jelas

Jika membicarakan mengenai keuangan, tentu menjadi hal yang sensitif bagi sebagian orang. Bila perusahaan memiliki cukup banyak karyawan, aplikasi penggajian karyawan ini juga dapat memberikan fitur kemudahan dalam perhitungan dan juga pendataan pembayaran karyawan yang mudah dan pasti. Aplikasi ini dapat dengan otomatis mencatat biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menggaji para karyawannya. Dengan penggunaan dari sistem payroll atau aplikasi penggajian ini dapat meminimalisir kesalahan pada aspek hitung.

● Penyimpanan arsip informasi aman dan terpercaya

Dengan aplikasi slip gaji,pengarsipan data yang disampaikan kepada karyawan menjadi mudah untuk dilakukan secara online. Kemungkinan pada hal ini menjadikan file tahan lebih lama dari pada disimpan dengan bentuk kertas atau fisik.potensi kerusakan pada file menjadi lebih kecil. Karena tidak terpengaruh dengan kondisi di luar.

● Akses dan transparansi perhitungan gaji

Aplikasi yang memiliki fitur slip gaji biasanya mengizinkan karyawan dan manajer untuk mengakses riwayat dan data gaji terbaru. Bisa melalui mobile ataupun komputer mereka. Dengan aplikasi slip gaji maka semakin memungkinkan perusahaan untuk memberikan banyak detail dalam data yang tertulis pada slip gaji. Dengan hal ini karyawan jadi bisa mengecek apabila terjadi kesalahan catat, bisa langsung dikoreksi dan disampaikan kepada bagian terkait.

● Akurasi data

Pencatatan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem setelah dilakukannya perhitungan saat menggaji karyawan. Membuat data yang ada pada aplikasi tersebut menjadi akurat.  Sistem pembayaran yang telah disesuaikan akan menghitung secara otomatis gaji yang akan diterima oleh karyawan. Data ini dapat diupdate secara realtime sehingga perusahaan dapat memantau dan mengawasi keuangan terutama pada sistem penggajian. Akurasi data yang diberikan oleh aplikasi ini tentu sangat menguntungkan bagi perhitungan keuangan perusahaan.

● Menghitung Potongan dan Jumlah Gaji

Setelah jumlah gaji kotor telah ditentukan, sistem secara otomatis menghitung potongan seperti pajak, asuransi dan BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan. Semua potongan tersebut akan dimasukkan langsung ke jumlah gaji kotor sebelum secara otomatis dikirim ke rekening karyawan. Bahkan, beberapa sistem aplikasi slip gaji tertentu dapat menyertakan penggantian biaya reimbursement, pengobatan yang tak menggunakan BPJS dan pengeluaran karyawan lainnya secara otomatis. 

● Membuat Formulir Pajak 

Ada beberapa Aplikasi slip gaji yang mampu membuat formulir pajak sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan. Formulir pajak tersebut kemudian bisa dicetak atau dikirim ke pihak bersangkutan. 

● Menyimpan Data Secara Otomatis dan Aman 

Menyimpan data secara manual akan memakan banyak waktu, sulit dilakukan dan membutuhkan banyak kertas serta tempat penyimpanan. Mengingat aplikasi slip gaji dijalankan menggunakan sistem, maka perusahaan tak perlu lagi repot mempersiapkan beberapa hal tersebut. Data lama juga bisa dihapus dengan mudah jika sudah tak diperlukan. 

● Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Tags :
Kategori :

Terkait