Simak Bagaimana Aplikasi Slip Gaji dapat Bantu Pengelolaan Gaji Karyawan Lebih Mudah

Sabtu 31-12-2022,00:29 WIB
Reporter : Iqbal DJ
Editor : Iqbal DJ

• Tanggal pembayaran gaji lengkap dengan informasi pembuat payslip.

• Rincian gaji karyawan, meliputi gaji pokok, tunjangan (uang makan, transportasi, karier, serta tunjangan tetap dan tidak tetap), potongan gaji (PPh 21, iuran BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan), denda, serta uang lembur, komisi, dan bonus tahunan (jika ada).

Kelola Slip Gaji dengan Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi slip gaji adalah jenis software yang memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji karyawan mereka.

Seringkali perhitungan tersebut juga memasukan unsur data kehadiran karyawan, lembur, uang makan, tunjangan, BPJS dan PPh ps 21.

Software ini biasanya tergabung atau menjadi bagian dari HRIS (Human Resource Information System) yang digunakan oleh perusahaan. 

Dengan software penggajian ini, perusahaan dapat dengan mudah menghitung gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan berdasarkan perhitungan data jam kerja atau kehadiran yang sudah diintegrasikan dalam sistem.

Kemudian sistem tersebut akan otomatis menarik gaji atau dana deposito perusahaan ke rekening karyawan yang sudah didaftarkan.

Banyak perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji terutama karena ia mampu menghitung pajak atau potongan tertentu sebelum jumlah gaji ditotal dan dibayarkan kepada karyawan.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Slip Gaji? 

Proses penggajian yang dilakukan setiap bulan harus dikerjakan secara akurat dan teratur tanpa adanya kesalahan.

Untuk itu, berinvestasi dalam penggunaan aplikasi slip gaji adalah sesuatu yang tidak boleh Anda anggap remeh, apalagi jika Anda memiliki perusahaan besar.

Perusahaan tak perlu lagi khawatir akan terjadinya kesalahan perhitungan dan pengiriman gaji dengan menggunakan software ini karena dapat diselesaikan secara langsung oleh sistem.

Keuntungan yang Didapat Dari Aplikasi Slip Gaji

Payslip konvensional dibuat menggunakan program spreadsheet Microsoft Excel yang hasilnya dicetak dan diberikan ke seluruh karyawan dalam amplop tertutup. Hal ini bukan hanya menghabiskan banyak biaya pembelian kertas dan tinta, melainkan juga tidak efisien waktu. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong terciptanya aplikasi penggajian yang dinilai lebih praktis daripada cara konvensional. 

Dalam praktik modern, sebagian besar pebisnis telah meninggalkan cara konvensional karena dianggap tidak efisien. Cara konvensional menyulitkan perusahaan karena harus menyediakan anggaran untuk mencetak payslip dan memberikan uang lembur pada staf yang bertanggung jawab. Berbeda dengan cara manual, payslip online berbasis teknologi yang dilengkapi ruang penyimpanan besar sehingga proses pengelolaan dan penyimpanan data gaji karyawan lebih aman. 

Tags :
Kategori :

Terkait