4 Tips Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan Rumah Supaya Segar dan Sehat

Kamis 26-10-2023,19:59 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Fran Kurniawan

Kamu bisa memindahkannya di area yang mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung, karena  merawat tanaman hias dalam ruangan membutuhkan pengertian dan perhatian. 

3. Terlalu banyak disiram air

Salah satu tanda kamu menyiram tanaman secara berlebihan adalah daun yang mulai menguning, tidak jarang sebagai pemilik tanaman baru akan langsung menyiram tanaman pada hari pertama.

Setelah itu kamu akan menyiram dalam jumlah banyak agar tanaman sehat dan segar, sayangnya hal ini justru terbalik dari kenyataannya.

BACA JUGA:Warga 7 Desa di OKU Selatan Belum Nikmati Listrik

Kelembaban yang berlebihan pada media tanam dapat menyebabkan busuk akar, penyakit ini menyebabkan akar lembek dan lunak kalau sudah begini akar sudah tidak mampu untuk menarik nutrisi atau menyerap air.

4. Memakai pot tanpa lubang drainase 

Siapa yang sering memanfaatkan mangkuk atau gelas cantik sebagai tanaman pot untuk tanaman hias dalam ruangan rumah? sebenarnya tidak salah menggunakan mereka asal alas dasarnya sudah dilubangi lubang ini digunakan sebagai drainase.

Tujuannya supaya media tanam tidak terlalu lembab, sebab jika drainase yang buruk dapat membuat tanaman stres dan akhirnya mati.

BACA JUGA:KEREN, Presiden Jokowi Akan Kirim Mobil Listrik ke SMKN 2 Palembang

Untuk menghindari hal tersebut sekitar 30 menit setelah penyiraman kamu perlu mengecek apakah air mengalir dengan baik atau tidak, jika dirasa drainase tidak berjalan dengan baik segera gantit tersebut jadi perhatikan benar-benar lubang drainase pot berfungsi dengan baik. (*)

 

 

Kategori :