Cek Perlengkapan Pemadam Karhutla, Kapolda Sumsel: Kita Siapkan Personel dan Peralatannya

Rabu 24-07-2024,18:58 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo melakukan pengecekan perlengkapan dan peralatan para personel Polda Sumsel yang akan diterjunkan ke lapangan.

Pengecekan peralatan dan perlengkapan personel yang akan membantu memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi salah satu fokus perhatian Kapolda Sumsel.

Hal ini didasarkan pada pengalamannya di tahun lalu. Dimana personelnya mengalami kesulitan dalam bertindak di lapangan karena tidak memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai.

“Kita baru saja menerima hibah berupa 5 unit pompa dan 2 diantaranya memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air hingga sejauh 1500 meter,” ujar Kapolda Sumsel saat melakukan mengecekan peralatan dilapangan Logistik Polda, Rabu pagi 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Hasil Audiensi Kapolda Sumsel Sikapi Maraknya Illegal Drilling, Sepakat Bakal Bentuk Satgas

BACA JUGA:Beri Motivasi dan Semangat, Kapolda Sumsel Buka Acara Pembinaan dan Pemulihan Profesi Anggota Polri

Kapolda mengatakan jumlah mesin pompa yang dimiliki Polda Sumsel saat ini berjumlah 34 unit, termasuk beberapa yang disiagakan di polres polres.

“Alhamdulillah kita sudah memiliki 34 unit mesin pompa air, yang terbaru ini ada 2 unit yang memiliki kekuatan lumayan besar, bisa menjangkau hingga jarak 1500 meter atau 50 gulung selang,” urainya.

Didampingi Wakapolda Brigjen M Zulkarnaen dan beberapa pejabat utama Polda, terlihat Kapolda memeriksa satu persatu peralatan pemadam api seperti 2 unit Watson Pump Kit MK-3 WTS, 3 unit Mini Sticker Pump MSTR-P GXH 50, 3 unit Suction House MK-150-8, 3 unit Foot Valve and Strainer KOC- BS1561, 3 unit Nozzle Combination UNI -1575 MI, 3 unit Hose Key B-2066, 3 unit Female FA-4 Qc, 10 unit Waterax Hose Weeping EX-187-IWP, 3 unit Wye Gated Connector, 2 unit Fuel Air Transport Tank With Qc FA-552Q, 2 unit Fuel Line12-401 B-NSC, 2 unit Nozzle Combination UNI-1575 MI, 2 unit Foot Valve and Strainer B-5258 dan 2 unit Suction Hose. 

Tidak hanya fokus pada peralatan saja, perlengkapan personel juga tak luput dari perhatiannya.

BACA JUGA:Audiensi Bersama SKK Migas Sumbagsel, Kapolda Sumsel: Kita Ingin Ada Solusi Sumur Minyak Ilegal

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Sebut Tragedi Kemanusiaan Atas Meledaknya Sumur Minyak ilegal, Harapkan Komitmen Pemda.

Sebanyak 50 set Alat Pelindung Diri (APD) yang disiapkan oleh Biro Logistik Polda Sumsel terdiri dari masker, kacamata, sarung tangan, kepyok termasuk jet shooter dan ransel diperiksa untuk memastikan dapat berfungsi dengan baik saat dipergunakan.

“Kita sudah cek semuanya baik peralatan dan perlengkapan (ADP), ini terkait dengan kesiapan pelatihan besok.

Sebanyak 200 personel (termasuk Bintara baru) akan kita bekali pengetahuan dan tehnik memadamkan api karhutla dengan instruktur dari Manggala Agni.

Kategori :