Honda

Kain Arca Buddha, Cikal Bakal Songket Palembang

Kain Arca Buddha, Cikal Bakal Songket Palembang

BACA JUGA:Bumiayu, Candi Kebanggaan Sumsel yang Patut Dikunjungi

"Dalam kajian ini melibatkan akademisi dari perguruan tinggi, peneliti dan mahasiswa," katanya.

Dari beberapa pemaparan materi, diketahui ada arca buddha menggunakan pakaian bermotif songket. Untuk itulah, pihaknya mengkaji hal itu dan nantinya akan dikonsultasikan dengan seniman untuk mengetahui asal daerah dari motif yang ada pada arca.

"Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing Seperti Jawa ada gambar garuda yang dibuat menjadi batik. Begitu juga dengan Palembang ada ukiran rumah bari. Nanti akan kita bahas lagi untuk mengkaitkan hubungan raja dengan pakaian seperti itu," jelasnya.

Adapun narasumber lain, Peneliti dari BRIN RI, Dr. Retno Purwanti M Hum, membahas tentang Persebaran Temuan Arca Sriwijaya di Sumatera Selatan. Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya, Dr. L. R. Retno Susanti M Hum, membahas 3 Arca Hindu Trimurti (Arca Brahma, Arca Wisnu, dan Arca Siwa). Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Palembang, Dra Nurhayati MPd, membahas Arca Perwujudan Hewan ,(Arca Nandhi, Arca Singa Xiling, Stamba). Dosen Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Palembang, M Idris M. Hum, membahas Arca Budha (Arca Budha Bukit Siguntang, Arca Awalokiteswara, Maitreya dan Bodhisatwa). Dan Sejarawan Sumsel, Samsudin, S.S, membahas Media Aplikator Seni Corak Arca Sriwijaya.

BACA JUGA:Buruan Ikuti Lomba Video Kreatif Museum Sriwijaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: