Honda

Jamaah Islam Aboge Salat Idul Adha Baru Senin Ini

Jamaah Islam Aboge Salat Idul Adha Baru Senin Ini

 

BANYUMAS, PALPRES.COM – Warga Muhammadiyah telah melaksanakan Salat Idul Adha Sabtu (9/6) lalu, sedangkan hari ini, Minggu (10/9), giliran warga Nahdlatul Ulama (NU) yang melaksanakan Salat Idul Adha.

Sementara jamaah Islam Alip Rebo Wage (Aboge) di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru akan melaksanakan Salat Idul Adha, besok, Senin (11/6). 

Lantas bagaimana cara menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Adha bagi Jemaah Aboge.

NU mendasarkan pada hasil sidang isbat pemerintah yang memutuskan 10 Dzulhijjah 1443 H pada 10 Juli 2022, dan Muhammadiyah pada 9 Juli 2022, jamaah Islam Aboge menggunakan perhitungan penanggalan yang selama ini dianutnya sebagai dasar.

“Hari Raya Idul Adha tanggal 11 (Juli 2022), atau Senin Pon besok (pekan depan). hitungannya 1 Dzulhijah jatuh pada Sabtu wage, Jahpatji hitungannya, jah itu bulan Dzulhijah pat itu harinya papat, Ji itu pasarannya satu,” kata sesepuh jamaah Islam Aboge Desa Objek Kyai Maksudi.

Dijelaskan, dalam perhitungan Islam Aboge, tahun ini merupakan tahun Alip.

Sehingga, jatuhnya 10 Dzulhijah yang dirayakan sebagai Idul Adha mengacu pada permulaan bulan Muharam tahun ini yang jatuh pada Rabu Wage.

Dia mengungkapkan, perhitungan tanggal yang digunakan jemaah Islam Aboge selama ini merupakan peninggalan ulama jaman dulu.

 “Ini beda waktu saja, syariat nya sama. Ini kan dibuat para ulama para wali dulu di kitab Majmu Syarif juga ada itu, dicetuskan Sultan Agung, ya 1554 itu pertama kali, Aboge juga pakai hisab,” tuturnya.

Selama ini menurutnya, meskipun ada perbedaan waktu pada setiap perayaan Hari Raya, jemaah Islam Aboge dapat hidup rukun berdampingan

Ibadah Salat Id dan pemotongan hewan kurban nantinya akan dilaksanakan di Masjid Raden Sayid Kuning. 

 

Artikel sudah tayang di disway.id dengan judul: Beda NU dan Muhammadiyah, Jamaah Islam Aboge Salat Idul Adha Baru Senin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id