Honda

Simak, 4 Cara Memaafkan Diri Sendiri 


Simak, 4 Cara Memaafkan Diri Sendiri 


PALEMBANG, PALPRES.COM - Self-forgiveness atau memaafkan diri sendiri bukan berarti melepaskan diri dari kesalahan, juga bukan tanda kelemahan. memaafkan diri sendiri atau seseorang yang bersalah, bukan berarti bahwa memaklumi atau membenarkan suatu perilaku.

Memaafkan berarti menerima perilaku dan apa yang telah terjadi, serta bersedia untuk melewatinya dan melanjutkan hidup tanpa merenungkan peristiwa masa lalu yang tidak dapat diubah.

Salah satu pendekatan terapeutik untuk memaafkan diri sendiri adalah: The 4 R's of Self-Forgiveness

1. Responsibility (Ambil Tanggungjawab).

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan, Simak Ini!

Memaafkan diri sendiri lebih dari sekadar melupakan masa lalu dan melanjutkan hidup. Ini tentang menerima apa yang telah terjadi dan menunjukkan belas kasih kepada diri sendiri. Menghadapi apa yang telah dilakukan atau apa yang telah terjadi adalah langkah pertama menuju pemaafan diri.

Ini juga merupakan langkah tersulit. Jika anda telah membuat alasan, merasionalisasi, atau membenarkan tindakan untuk membuatnya tampak dapat diterima, inilah saatnya untuk menghadapi dan menerima apa yang telah dilakukan.

Dengan mengambil tanggung jawab dan menerima bahwa anda telah melakukan tindakan yang menyakiti orang lain/diri sendiri, anda dapat menghindari penyesalan dan rasa bersalah berlebihan.

2. Remorse (Ekspresikan Penyesalan).

Sebagai hasil dari mengambil tanggung jawab. Anda mungkin mengalami berbagai perasaan negatif, termasuk rasa bersalah dan malu. Ketika anda telah melakukan sesuatu yang salah, itu benar-benar normal, bahkan sehat untuk merasa bersalah tentang hal itu.

Perasaan bersalah dan penyesalan ini dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk perubahan perilaku yang positif. Jika rasa bersalah menyiratkan bahwa anda adalah orang baik yang melakukan sesuatu yang buruk dan rasa malu membuat anda melihat diri sebagai orang jahat. ini dapat memunculkan perasaan tidak berharga yang jika tidak diselesaikan, serta dapat menyebabkan kecanduan dan depresi.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Lakukan Senam Lansia

3. Restoration (Perbaiki Kerusakan dan Pulihkan Kepercayaan).

Memperbaiki kesalahan adalah bagian penting dari pengampunan, termasuk memaafkan diri sendiri. Sama seperti anda mungkin tidak memaafkan orang lain sampai mereka menebusnya dengan beberapa cara, memaafkan diri sendiri pun demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: