Honda

Begini Cara Polda Sumsel Cegah Berita Hoax Jelang Pemilu 2024

Begini Cara Polda Sumsel Cegah Berita Hoax Jelang Pemilu 2024

Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Iskandar F Sutisna berfoto bersama dengan narasumber FGD di Hotel Swarna Dwipa Palembang.-Kurniawan-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Direktorat Intelijen Keamanan (Intelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel bakal menggandeng beberapa instansi terkait, dalam hal pencegahan berita hoax, isu sara dan hat speech menjelang Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Iskandar F Sutisna disela-sela kegiatan Focus Group Discuss (FGD) dengan tema mencegah berita hoax, isu sara dan hat speech menjelang Pemilu 2024 di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (28/7/2022).

“Kita akan menggandeng beberapa instansi terkait dengan permasalahan ini seperti PWI, Baswaslu, KPU dan beberapa instasi terkait," ujarnya kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Sehingga untuk melakukan langkah tersebut pihaknya menggelar kegiatan tersebut sebagai langkah pencegahan terhadap adanya permasalahan tersebut menjelang Pemilu 2024 nanti.

BACA JUGA:Kopda Muslimin Otak Pelaku Penembakan Istrinya Ditemukan Tewas

“Disini kita membahas bersama-sama dan melihat apa yang akan terjadi pada saat mendekati Pemilu 2024, khususnya hal ini berkaitan dengan media,” katanya.

Untuk berkaitan dengan media, pihaknya juga melibatkan berbagai media di Palembang dalam kegiatan yang diadakan di Hotel Swarna Dwipa. 

“Dalam mencegah berita hoax menjelang ataupun mendekati Pemilu 2024 kita melibatkan dan berdiskusi bersama-sama dalam kegiatan yang kita adakan ini,” ungkapnya.

Dengan kegiatan yang digelar ini diharapkan Pemilu tidak ada pemberitaan hoax ataupun lainnya serta bisa berjalan dengan lancar. 

"Untuk pengawasan sendiri agar tidak adanya berita hoax ataupun semacamnya kita akan melakukan sinergitas dengan beberapa instasi terkait, guna dalam rangka pencegahan agar tidak terjadi tindak pidana," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Proses Bawaslu Sumsel, Syamsul Alwi mengapresiasi kegiatan yang digelar Dit Intelkam Polda Sumsel ini. 

“Kami mendukung kegiatan ini, karena kita anggap ini langkah yang sangat tepat dalam mencegah berita hoax, isu sara dan hat speech menjelang Pemilu 2024," bebernya.

Dirinya menjelaskan, bahwa berkaca pada 2019 lalu banyak masyarakat yang terpecah belah akibat permasalahan tersebut, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini dapat mencegah berita hoax, isu sara dan hat speech menjelang Pemilu 2024.

Dalam Pemilu banyak sekali potensi terjadinya pemberitaan hoax, ujaran kebencian, hingga politik uang. "Kita tidak bisa berdiri sendiri dalam mengatasi permasalahan ini, untuk itu kita tidak bisa sendirian melainkan perlu adanya kerja sama antar instansi terkait seperti KPU hingga pihak kepolisian," aku dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: