Honda

14 Majelis Taklim Lomba Rebana, Indahnya Silaturahim

14 Majelis Taklim Lomba Rebana, Indahnya Silaturahim

14 Majelis Taklim Lomba Rebana, Indahnya Silaturahmi-Foto Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sebanyak 14 majelis taklim mengikuti lomba rebana se-Kelurahan Talang Jambe dengan tema “Indahnya silaturahmi dalam bingkai seni dan budaya Indonesia yang Islami” di Ponpes Aulia Cendekia Kampus C Kel. Talang Jambe, Ahad (21/08/2022).

Lomba tahun kedua yang diadakan Majelis Taklim Permata Cendekia dibuka langsung oleh Dewan Pembina KH Hendra Zainudin Alqodiri, yang melibatkan majelis taklim di sekitaran Kelurahan Talang Jambe dan majelis taklim yang tergabung dalam Mejelis Taklim Permata Cendekia.

Pembina MT Permata Cendekia, H Muslih Bashori SPdi mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77. Dengan semarak kemerdekaan mari senandung selawat lewat lomba kreasi Rebana Modern.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud cinta tanah air lewat syair islami. Alhamdulilah untuk lomba rebana ini yang ke 2 kalinya, tahun lalu kita adakan lomba asmaul husna. Kita juga pernah mengadakan lomba masak yang bertemakan ubi,” ungkap salah satu Pembina MT Permata Cendekia.

BACA JUGA:Wajah SMB II Dilukis Seniman, Sultan Fauwaz: Itu Imajinasi Si Pelukis

H Muslih menjelaskan, dalam lomba rebana ini, setiap peserta wajib membawakan dua syair. Dengan kriteria penilaian suara dan lagu seirama, adab dan syair, serta musik dan pukulan harus sesuai.

“Lagu wajib Bismillah, Sholawat Badar, Assalamualaik bisa dipilih salah satu dan lagu bebas tapi harus ada bahasa arabnya. Yang dinilai oleh Ustadzah Camelia, Mamik Mas'muah dan Ustaz Amin,” jelasnya.

Selain memeriahkan HUT RI lomba ini juga bertujuan menambah amal dan pengetahuan juga sebagai tempat silaturahmi. Dengan harapan dapat menigkatkan kembali seni rebbana di setiap majelis taklim.

“Melalui lomba ini, kita bisa tau kekurangan dan kelebihan grup rebana kita serta lewat rebbana ini bisa bersaing secara sehat untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang harus dikedepankan,” tukasnya.

BACA JUGA:Sanggar Seni Putri Sak Ayu Muba Tampil Menawan Hati

Seperti diketahui, majelis taklim yang diresmikan pada tahun 2009 ini memiliki 22 majelis taklim. Majelis Taklim ini dibentuk bertujuan untuk menyatukan majelis taklim yang ada di sekitar Talang Jambe serta menambah wawasan keagamaan, karena setiap bulannya ada pengajian rutin berisikan tausiyah, dzikir gofilin.

Adapun pembina Majelis Taklim Permata Cendekia, KH Hendra Zainuddin Alqodiri, H Muslih Bashori SPdi, HJ Lucianty SE, H Saipul Wardi, dan Drs. Umar Asmudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: