Honda

Babinsa Koramil 405-08/Jarai Turun ke Lokasi, Ukur Pembangunan Akses Jalan Desa

Babinsa Koramil 405-08/Jarai Turun ke Lokasi, Ukur Pembangunan Akses Jalan Desa

Babinsa Koramil 405-08/Jarai, Serka Mulyono bersama Unsur Tripika, Pendamping Desa dan Pemdes Desa Kota Raya Darat, Kecamatan Pajar Bulan melaksanakan Monev DD tahap 2--Istimewa/palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Bertempat di Desa Kota Raya Darat, Kecamatan Pajar Bulan, Kabupaten Lahat, Anggota Babinsa Koramil 405-08/Jarai, Serka Mulyono didampingi Unsur Tripika, Pendamping Desa dan Pemerintah Desa (Pemdes) serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) turun ke lokasi monitoring dan evaluasi (Monev) dana desa (DD) tahap 2 tahun anggaran (TA) 2022.

“Betul, kita turun ke lapangan dan mengukur panjang akses jalan desa, apakah telah sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB), termasuk panjang maupun lebar serta ketebalannya,” jelasnya mewakili Danramil 405-08/Jarai, Kapten Inf Subianto, Kamis, 1 September 2022.

Sebelum itu, sambung dirinya, pihaknya terlebih dahulu bertatap muka dengan pemangku kepentingan di desa, apakah maksud dan tujuan kedatangan unsur tripika bersama pendamping desa.

“Bukannya kita mencari kesalahan yang ada, akan tetapi, mencarikan solusi yang tepat, apabila ketika di lapangan diketemukan sesuatu yang berbeda dengan rancangan awal, dan bisa segera diperbaiki," harap Mulyono.

BACA JUGA:Babinsa Koramil 405-05/Pendopo Lakukan Pemupukan Jagung

Sementara itu, Camat Pajar Bulan, Sarmisi menuturkan, bahwasanya Monev ini merupakan salah satu persyaratan bagi desa yang akan melakukan pencairan anggaran lagi, yang dicantumkan didalam laporan mereka untuk diserahkan kepada instansi terkait.

“Penggunaan anggaran yang ada tersebut, pastinya harus dipertanggungjawabkan melalui Monev, baik secara administrasi maupun cek fisik ke lokasi, agar bisa diketahui apakah semuanya sudah sesuai atau belum jangan sampai ada penyelewengan ataupun laporan dari masyarakat," ucapnya.

BACA JUGA: Babinsa Koramil 405-03/Kikim Laksanakan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu

Dirinya berharap, kelengkapan berkas administrasi pun wajib dicantumkan, bukti-bukti kwitansi pembelian material, bukti pembayaran pajak, honor-honor tukang dan lain sebagainya.

“Semuanya harus dilampirkan pada saat pemeriksaan tim yang diketuai Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Kecamatan Pajar Bulan,” pungkas Sarmisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: