Honda

Selesaikan Konflik Petani Sawit dengan Perusahaan, PJ Bupati Apriyadi Turun Tangan

Selesaikan Konflik Petani Sawit dengan Perusahaan, PJ Bupati Apriyadi Turun Tangan

Pj Bupati Muba didamping Kasat Pol PP dan Plt Kepala Dinas Perkebunan ke Kecamatan Batang Hari Leko.-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- PJ Bupati Musi Banyuasin, Drs Apriyadi mengunjungi Kecamatan Batang Hari Leko. Kunjungan itu dilakukan setelah mendapatkan surat keluhan dari petani sawit plasma terkait permasalahan dengan pihak perusahaan perkebunan sawit PT Musi Banyuasin Indah (MBI), pada 25 Agustus lalu.

Dari sana, PJ Bupati melakukan mediasi kedua belah pihak di kantor Kecamatan Batang Hari Leko, Rabu 21 September 2022.

"Kami mengira akan dipanggil ke kantor Pemkab Muba, tapi malah pak Bupati Apriyadi mendatangi kami secara langsung untuk menyelesaikan permasalahan yang kami alami saat ini. Terima kasih pak Bupati Apriyadi yang sangat peduli dengan nasib kami petani sawit," ungkap Perwakilan Petani Sawit Plasma Kecamatan BHL, Nazirin. 

Menurutnya, sosok Bupati Apriyadi sangat merakyat dan sangat peka terhadap permasalahan yang dialami masyarakat Muba.

BACA JUGA:Warga Desa Pagar Bulan Tuntut Lahan Plasma ke PT AMML

"Kami berharap persoalan kemitraan kami bisa tuntas dengan dimediasi langsung oleh pak Bupati Apriyadi," ucapnya. 

Nazirin mengaku, petani sawit plasma di Kecamatan BHL selama ini mengalami pemotongan Tandan Buah Segar yang jumlahnya sangat besar oleh PT MBI, dan hal ini menjadi keberatan petani sawit plasma di BHL. 

"Kedatangan pak Bupati Apriyadi hari ini menjadi titik terang terhadap permasalahan yang dialami petani sawit plasma di BHL selama ini," bebernya.

BACA JUGA:Sengketa Lahan Kgs Nanung, Ahli Waris Menduga LH Buat Keterangan Palsu

Senada diungkapkan Petani Sawit Plasma BHL lainnya yakni Muzamil. Ia melanjutkan, petani sawit di BHL sangat berharap bisa mendapatkan bantuan program peremajaan kelapa sawit namun terbentur dengan legalitas kepemilikan lahan. 

"Sebenarnya kami sangat menyambut baik program PSR yang saat ini digencarkan Pemkab Muba, namun untuk pengajuan kami terbentur dengan legalitas atau sertifikat, kami mohon semoga pak Bupati Apriyadi bisa mencarikan solusi untuk kami," harapnya. Selain itu, petani sawit plasma di BHL juga meminta agar kondisi jalan rusak di wilayah perkebunan bisa diperbaiki. "Jadi akses kami bisa lebih mudah untuk ke kebun dan membawa hasil perkebunan," harapnya lagi. 

General Manager PT Musi Banyuasin Indah MBI, Ir Abdul Aziz Muslim mengucapkan Terima kasih atas perhatian Bupati Muba Apriyadi yang turun langsung untuk menengahi dan turut andil memediasikan perusahaan dengan petani sawit plasma di BHL. 

BACA JUGA:Optimalisasi Layanan Kepada Perempuan dan Anak, DPPPA Muba Maksimalkan Fungsi P2TP2A

"Kami apresiasi pak Bupati Apriyadi yang punya kepedulian yang sangat besar untuk menciptakan kondusifitas Kabupaten Muba dan langsung turun ke lapangan," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com