Honda

Cegah Stunting, Remaja Putri di Lahat Minum Satu Tablet Tambah Darah Perminggu

 Cegah Stunting, Remaja Putri di Lahat Minum Satu Tablet Tambah Darah Perminggu

Wabup Lahat, H Haryanto SE MM MBA didampingi Kadinkes, Taufik M Putra SKM MM, Kadisdikbud, Drs H Suhirdin MM, Kepala SMAN 2 Lahat, Tri Turnadi SPd MPd, menyaksikan pelepasan balon peringati Hari Gizi, Jumat 30 September 2022. -Deni-palpres.com

Sebelumnya, Pemeriksaan kesehatan terhadap lansia dan memberikan makanan tambahan terhadap anak-anak, dilaksanakan secara rutin setiap bulannya oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kampung KB Jeruk Bali Sinjar Bulan.

BACA JUGA: Perangi Stunting, Kades Lubuk Lungkang Rutin Laksanakan Senam Lansia

Hal ini dilakukan, guna mencegah stunting pada anak-anak dan menjaga kesehatan para lansia.

Kepala Desa (Kades) Kampung KB Jeruk Bali Sinjar Bulan, Nanik Diarti SPdi melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Yetty AP membenarkan, pihaknya setiap bulannya melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap lansia dan pemberian makanan tambahan serta vitamin kepada anak-anak.

"Tentunya ini tidak lepas dari instruksi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam memerangi penurunan angka stunting," jelasnya, Sabtu 24 September 2022.

Dirinya menambahkan, untuk lansia pemeriksaan terhadap penyakit yang diidap seperti darah tinggi mendominasi di desa.

BACA JUGA: Cegah Stunting, Pemdes Sinjar Bulan Berikan Makanan Tambahan dan Periksa Kesehatan Lansia

"Biasanya darah tinggi dan pemberian vitamin yang diperiksa oleh tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Tinggi Hari dan kader posyandu," pungkas Yetty AP.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tinggi Hari, Mapi Febtori SKep MM menuturkan, pihaknya memang secara rutin mendatangi desa-desa yang sudah teragenda baik pemeriksaan kesehatan lansia maupun pemberian makanan tambahan dan vitamin.

"Hal ini, bertujuan untuk menurunkan stunting yang telah menjadi komitmen Pemkab Lahat, agar lebih digalakkan lagi kader-kader yang serta bidan desa untuk turun langsung ke desa," pungkasnya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com