Honda

Buat Penyangga Tiang Tempat Tedmond Sebagai Bentuk TNI Manunggal Air

Buat Penyangga Tiang Tempat Tedmond Sebagai Bentuk TNI Manunggal Air

Anggota TMMD dan warga desa, sedang membuat penyangga tiang tedmond, Kamis 3 November 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Sebelum dialiri air bersih ke sarana pemandian umum, terlebih dahulu akan dibuatkan penyangga tiang tempat tedmond, yang mana, air tersebut akan harus melalui tangki di atas barulah dialiri ke masing-masing kamar mandi dan tempat pencucian.

"Untuk tempat tedmond kapasitas 1.200 liter sudah ada, kini sedang dibuatkan penyangga tiangnya sehingga air yang mengalir dapat ditampung sebelum dialirkan," terang Danpok MCK, Serda Ahyar, Kamis 3 November 2022.

Serda Ahyar menerangkan, tentunya air bersih ini juga selain di fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK), tidak terlepas dari salah satu program TNI Manunggal Air.

"Nantinya, masyarakat Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat pun bisa mempergunakan air tersebut untuk dikonsumsi," ucapnya.

BACA JUGA:6 Unit MCK Kini Miliki Pintu, Dukung Tekan Stunting

Dari sinilah, masih kata dirinya, TNI Manunggal Air mampu memberikan kontribusi positif kepada kepentingan masyarakat, sehingga lambat lain mereka tidak lagi menggunakan cara lama dalam beraktifitas.

"Semuanya sudah tersedia yang lebih sehat, bersih dan memiliki teknologi canggih yakni tangki Bioluks Septic Tank merupakan program dari Danrem 044/Gapo yakni, BASEMAH (Bersih Sehat dan Ramah Lingkungan) 44," tegas Serda Ahyar.

Berita Terkait, Pengerjaan pembangunan infrastruktur plat duiker titik kedua selesai 100 persen, setelah tim gabungan personel TMMD ke 115, Kodim 0405/Lahat dan warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang menjalankan tugasnya dengan baik.

"Semuanya telah dilaksanakan, tinggal menunggu keringnya adonan semen bercampur pasir dan batu aggregat saja," kata Danpok Plat duiker dan Poskamling, Serda Saragih, Kamis 3 November 2022.

Serda Saragih mengemukakan, pada plat duiker titik kedua ini, memang sudah ada bangunan gorong-gorong, akan tetapi, dibongkar total supaya tidak terjadi apa-apa.

BACA JUGA:Cat Dinding Ikut Ciptakan Rumah Sehat dan Bebas Stunting

"Kebetulan di titik dua ini, terdapat aliran anak sungai, yang memang membutuhkan pembangunan fisik dimaksud," ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya dua bangunan plat duiker ini, aliran air dapat langsung dibuang ke tempat semestinya. Sehingga tidak menyebabkan genangan air.

"Setelah semuanya siap, barulah bisa dilintasi oleh kendaraan roda dua, dan masyarakat pun beraktifitas ke kebun dengan baik dan lancar," tutup Serda Saragih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com