Honda

Hindari Kebiasaan ini, Jika Tak Ingin Rambutmu Rusak

Hindari Kebiasaan ini, Jika Tak Ingin Rambutmu Rusak

Benarkan merek sampo berbahaya beredar di Indonesia-net-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi seorang wanita.

Tapi sayangnya, beberapa kebiasaan yang niatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik tampilan rambut justru bisa merusak rambut. 

Masalah rambut rusak terjadi dari kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan pada rambut.

Jika dilakukan secara terus-menerus, kondisi rambut akan buruk seperti mudah patah, bercabang, kasar dan ketombe. 

BACA JUGA:Coba 5 Langkah Ini, Mata Minus Sembuh Alami

berikut kebiasaan yang bisa merusak rambut:

1. Terlalu sering keramas

Kebiasaan yang bisa merusak rambut salah satunya terlalu sering keramas. Melakukan keramas memang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, tetapi jika dilakukan terlalu sering akan berakibat buruk ke rambut. 

Sebab, semakin sering Anda keramas, semakin banyak minyak alami di kulit kepala yang hilang. Ini membuat helaian rambut menjadi kering karena minyak alami ini tidak tersebar ke rambut. 

2.Mengoleskan Kondisioner di Kulit Kepala

Bagian rambut yang paling membutuhkan kondisioner adalah ujung-ujung rambut. Pasalnya, produk kondisioner memang tujuannya dibuat untuk mengurangi gesekan batang rambut dan membuatnya menjadi lebih lembut.

Untuk itu, jangan pakai kondisioner di kepala, ya. Mengoleskan kondisioner di kepala malah bisa bikin kulit kepala jadi lepek dan berminyak.

BACA JUGA:Kabar Baik ! Shio Kerbau Punya Karir Cemerlang Ditahun 2023

3. Mengeringkan Rambut

Mengeringkan dan menata rambut dengan pengering rambut (hair dryer) atau mencatok rambut, bisa menjadi pemicu kebotakan dini. Jika kamu tidak ingin rambut semakin rontok dan rapuh, disarankan berhenti menggunakan alat-alat ini. Pengering memang bisa menjadi solusi mengeringkan rambut dengan cepat, tapi daripada membahayakan rambut, lebih baik keringkan secara alami.

4. Menyisir Rambut saat Basah

Menyisir atau menata rambut saat basah bisa merusak rambut. Pada saat basah, rambut cenderung meregang. Jika disisir dan ditata, kutikula rambut jadi rusak dan rambut jadi rontok atau patah. Perlakukanlah rambut dengan lembut dan jangan dikeringkan dengan menggosokkannya ke handuk. Selain itu, gunakan sisir sesuai kondisi dan jenis rambut.

5. Mewarnai Rambut

Rambut dengan warna-warni ceria memang sedang menjadi tren. Meski begitu, jangan terburu-buru mengikuti tren. Ketahui dulu risikonya.

Proses bleaching yang bertujuan untuk memudarkan warna rambut dapat menembus kutikula hingga menghilangkan pigmen alami rambut dan merusak rambut.

Meski pewarnaan rambut tanpa bleaching diperkirakan tidak separah proses bleaching sendiri, tapi tetap dapat merusak struktur rambut serta membuatnya menjadi kering dan kusam.

Apalagi jika sering dilakukan. Tidak hanya itu, pewarna rambut juga bisa menimbulkan iritasi, gatal, atau kemerahan pada kulit.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Paling Top di Sumsel Lengkap dengan Harga Tiket Masuk

Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut merupakan salah satu hal yang penting bagi kaum wanita, maupun bagi kaum pria. Tapi, jangan sampai kebiasaan yang dilakukan dengan tujuan merawat dan mempercantik rambut, malah justru merusak rambut, membuatnya terlihat kusam, rontok, dan mudah patah. Jadi, sudah benarkah cara kamu merawat rambut? .*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: