Honda

Waktu yang Baik dan Bagus untuk Melaksanakan Salat Dhuha

 Waktu yang Baik dan Bagus untuk Melaksanakan Salat Dhuha

Ilustrasi orang salat-Net-

PALEMBANG, PALPRES.COMSalat Dhuha merupakan salat sunnah yang dikerjakan di pagi hari. 

Dalam ilmu kesehatan gerakan salat yang teratur dapat menguatkan otot, sendi dan memiliki efek yang luar biasa terhadap sistem kadiovaskular. 

Terlebih lagi Salat Dhuha yang dilakukan di waktu pagi dapat membantu kita untuk mempersiapkan hari meghadapi serangkaian kegiatan sehari-hari.

Selain itu Salat Dhuha juga dapat menangkal stress lho!

BACA JUGA: Ingin Rezeki Mengalir Deras, Amalkan Doa-doa Berikut Ini

Dirangkum dari detikpedia, berikut waktu yang bagus untuk melaksanakan  Salat Dhuha.

Berdasarkan hadist yang berbunyi Salat Dhuha memiliki keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

yang artinya : Allah Ta'ala berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka'at salat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang." (HR Ahmad).

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Ketika Sakit dan Menjenguk Orang Sakit

Sedangkan waktu terbaik untuk melaksanakan Salat Dhuha ialah diakhir waktu, tepatnya pada saat matahari akan segera tergelincir ke barat sebagaimana di jelaskan dallam hadist di bawah ini :

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ » أخرجه مسلم

Artinya: "Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan Salat Dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka ia berkata: "Mereka mungkin tidak mengetahui sholat dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah (al-Awwabin) adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari." (HR Muslim).

 Untuk batas waktu mengerjakan Salat Dhuha, menurut Syaikh Ibnu Ustmani dalam Syarh Al Arba'in An Nawawiyah, ialah sekitar 5 sampai 10 menit sebelum waktu Salat dzuhur atau menjelang tengah hari sekitar pukul 12.30 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: