Honda

Kuliah dan Organisasi Disaat Bersamaan? Berikut Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Kuliah dan Organisasi Disaat Bersamaan? Berikut Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Kuliah-Dinda-Dinda

PALEMBANG, PALPRES.COM- Hanya karena sibuk dengan kuliah bukan berarti tidak bisa aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan diri. 

Setiap mahasiswa dapat mengatur keduanya jika dia tahu bagaimana membagi waktunya antara kuliah dan kegiatan lainnya. 

Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan biasanya berlangsung setelah kelas atau kuliah. Periode tersebut dapat berlangsung dari siang hingga sore hari. 

Kegiatan ini juga dapat disesuaikan dengan perkuliahan karena belajar masih menjadi prioritas utama sebagai mahasiswa.

BACA JUGA:Mau Cepat Lulus Kuliah! Yuk Cobain 8 Kiat Berikut

Berikut cara membagi waktu kuliah dan organisasi yang bisa Anda lakukan agar perkuliahan tidak terganggu saat memutuskan ikut berorganisasi :

1. Tentukan Prioritas Utama

Putuskan mana yang lebih penting, kuliah atau organisasi. Dan tentunya harus mengutamakan kuliah dan tugas kuliah, karena tujuan utama anda ketika datang ke kampus adalah untuk belajar dan menimba ilmu. Tentu banyak juga pelajaran dalam berorganisasi, namun kamu tetap harus fokus belajar untuk mencapai tujuan yang selama ini kamu impikan.

2. Buat To-do-list

Bagi mereka yang selalu bingung bagaimana mengalokasikan waktu untuk tugas, ada baiknya membuat catatan kecil untuk mengingatkan Anda apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dengan cara ini jadwal Anda akan lebih tertata dan dapat diselesaikan dengan baik satu per satu, baik itu tugas dari kampus atau organisasi Anda.

BACA JUGA:Catat! Hal Dasar Wajib Disiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

3. Manajemen Waktu yang Baik

Anda dapat membeli jam, tetapi Anda tidak dapat membeli waktu. Anda hanya membuang waktu. Biasakan untuk merencanakan waktu Anda dengan membagi waktu Anda. Jika Anda seorang aktivis, buatlah timeline atau semacam daftar harian yang dikelompokkan ke dalam salah satu agenda Anda. Berlatih membuat rencana untuk aktivitas Anda. 

Tuliskan semua kegiatan dalam bentuk jadwal atau jadwal dari bangun tidur sampai tidur. Buat rencana terperinci untuk setiap hari, bulan, dan tahun. Untuk kegiatan yang terencana dan terjadwal, kami memiliki instruksi yang jelas sehingga kami tahu kapan harus melakukannya dan kapan harus menyelesaikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: