Honda

5 Bentuk Manipulasi Psikologis yang Kerap Terjadi di Lingkunganmu

5 Bentuk Manipulasi Psikologis yang Kerap Terjadi di Lingkunganmu

Ilustrasi Manipulasi Psikologi-freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Manipulasi merupakan suatu tindakan yang memutar balikan sesuatu dari kebenarannya.

Menurut KBBI, manipulasi adalah upaya kelompok atau perorangan untuk mempengaruhi perilaku, sikap dan pendapat orang itu tanpa orang yang dipengaruhi menyadarinya.

Orang yang melakukan manipulasi Psikologis adalah untuk mencoba mengubah mindset atau hal yang sudah kita percayai.

Manipulasi Psikologis juga dapat dikatakan sebagai suatu tindakan mempengaruhi seseorang dengan cara mengendalikan segala keinginan yang berada di alam bawah sadar yang menggunakan sugesti.

 

BACA JUGA:7 Tanda Laki-laki Mencintaimu Apa Adanya



Manipulasi Psikologis akan ber-efek negatif apabila dilakukan dengan tujuan yang tidak baik pula. Mempengaruhi seseorang melalui manipulasi Psikologis sebenarnya adalah hal yang berbahaya untuk dilakukan.

Karena ham tersebut menggunakan mental orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Agar tidak terjebak pada manipulasi Psikologis maka haruslah tau apa saja yang termasuk kedalam manipulasi Psikologis. Berikut merupakan beberapa macam dari manipulasi Psikologis:

1.Triangulation

Ini merupakan salah satu dari manipulasi Psikologis. Triangulation adalah sebuah manipulasi Psikologis yang melibatkan pihak ketiga kedalam sebuah konfik atau permasalahan agar dirinya menjadi lebih superior.

 

BACA JUGA:Mengenal Ciri-ciri Wanita Ambivert, Nomor 3 Sering Kamu Temui



Contohnya seperti ketika kamu memiliki sebuah hubungan dan terjadi konflik. Sehingga pacar kamu secara sengaja membuatmu cemburu dengan orang lain. Atau contoh yang lain adalah orang yang benci sama kamu, mengajak orang lain untuk ikut membenci diri kamu.

2.Moving the goalposts

Moving the goalposts adalah suatu manipulasi Psikologis yang terus menaikkan standar ekspetasi sehingga kamu ga pernah merasa cukup baik untuk apapun.

Contohnya biasanya orang ini akan sering merendahkan orang lajn dan selalu membandingkan dengan orang-orang yang lebih baik. Tak hanya itu mereka akan sering mengomentari orang lain sehingga akan membuat Orang tersebut insecure dan tidak Percaya diri.

 

BACA JUGA:4 Movie Korea yang Plot Twist nya Bikin Shock!



3.Playing Victim

Istilah ini pasti paling sering didengar dibandingkan dengan manipulasi Psikologis yang lain. Playing Victim diartikan sebagai seseorang yang salah malah menempatkan dirinya sebagai korban.

Biasany dia akan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dia perbuat sehingga orang lain yang harus mempertanggung jawabkan apa Yang telah dia perbuat.

4.Gaslighting

Gaslighting merupakan bentuk manipulasi Psikologis yang suka berbohong atau memutarbalikkan fakta yang ada. Sehingga membuat para paku Gaslighting ini menjadi ragu dengan ingatannya sendiri dan merasa mengada-ada. Tak hanya itu, Bahkan sampai mempertanyakan kewarasannya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: