Honda

Kunjungi Desa Bukit Jaya Komisi Informasi Pusat Lakukan Visitasi Evaluasi dan Apresiasi KIP Desa 2022

Kunjungi Desa Bukit Jaya Komisi Informasi Pusat Lakukan Visitasi Evaluasi dan Apresiasi KIP Desa 2022

Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Meninjau Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin-Kominfo Muba For Palpres.com-

*Wakili Sumsel, Desa Bukit Jaya Masuk 10 terbaik KI Se-Indonesia

MUBA, PALPRES.COM- Setelah terpilih masuk 10 besar sebagai desa terbaik dalam lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional, Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan kunjungan langsung dari Tim Komisi Informasi (KI) Pusat, dalam rangka visitasi evaluasi dan apresiasi desa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa Tahun 2022.

"Alhamdullilah dengan jarak tempuh jalur darat yang lumayan jauh, kita bisa datang langsung mengunjungi Desa Bukit Jaya yang sudah berhasil masuk dalam 10 besar lomba Apresiasi Desa Tingkat Nasional.

BACA JUGA:Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Dinkominfo Muba Ikuti Rakor PPID Se Sumsel

Sengaja saya pilih datang kesini, menjadi pertanyaan daerah keterbatasan geografis yang cukup jauh tapi bisa memgalahkan desa lainnya.

Tentunya membanggakan, mewakili Provinsi Sumsel bisa terpilih dari 89 desa yang maju dalam  implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa,"ujar Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat H Arya Sandhiyudha PHd pada acara pembukaan Visitasi Evaluasi dan Apresiasi Desa bertempat di Gedung Aula Desa Bukit Jaya, Kamis 17 November 2022.

Arya juga menyebutkan bahwa Desa Bukit Jaya sudah memenuhi indikator-indikator, sarana-sarana dan SDM serta pelayanan informasi dan inovasi-inovasi yg dilakukan sudah memenuhi. 

BACA JUGA: Masuk 10 Besar Nasional, Desa Bukit Jaya Didatangi Komisi Informasi Pusat

Mudah-mudahan kehadiran KI Pusat dan KI Pemprov Sumsel ke Desa Bukit Jaya, bisa memberikan dorongan lebih maju dan Desa Bukit Jaya bisa lebih memanfaatkan lagi keterbukaan informasi publik.

"Tujuan kegiatan ini, karena kita percaya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berorintasi  pembangunan itu tidak mungkin terwujud kalau tidak terbuka.

Jadi ide tentang pemerintahan terbuka itu tidak hanya digelar di tingkat nasional tidak hanya sampai provinsi tapi juga sampai akar rumput di level desa.

BACA JUGA:Mahasiswa Diduga Korban Kekerasan Akui Sebar Informasi Hoaks, Video Klarifikasinya Beredar di Grup WA

Kita ingin sekali apa yang dilakukan Desa Bukit Jaya juga dilakukan oleh semua desa lain di Indonesia, karena bisa juga memikul amanah anggaran dari setiap APBD maupun APBN yang diterima, karena itu semua ada pertanggungjawabannya dalam bentuk salah satunya kewajiban memberikan hak informasi masyarakat,"pungkasnya.

Wakil Ketua KI Pusat juga mengatakan, kalau sudah menjadi desa informatif, anak bangsa yang ada di Desa Bukit Jaya akan mudah maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: