Honda

Dibawah Target Nasional, Rata-Rata Warga Lahat Konsumsi Ikan Capai 2,4 Kg Perbulan

Dibawah Target Nasional, Rata-Rata Warga Lahat Konsumsi Ikan Capai 2,4 Kg Perbulan

PENILAIAN : Juri lomba masak serba ikan sedang menilai makanan yang ikut perlombaan, Rabu 23 November 2022.-Bernat Palpres.com-Palpres.com

LAHAT,PALPRES.COM - Mengkonsumsi makanan dan minuman kaya akan mineral dan vitamin, memang sangat dibutuhkan tubuh manusia, terutama sekali dari jenis ikan penuh akan protein.

 

Tetapi, apabila masyarakat dalam satu bukannya masih rendah makan ikan, tentu saja akan mempengaruhi kecerdasaan terkhususnya anak-anak.

 

Nah, berdasarkan data Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, masyarakat yang mengkonsumsi ikan rata-rata perbulannya baru tercapai 2,4 kilogram (Kg), sedangkan target secara nasional berada di angka 4 Kg.

 

BACA JUGA: Angka Konsumsi Ikan di OKU Terbilang Tinggi

 

"Berarti bahwa rata-rata warga Kabupaten Lahat mengkonsumsi hanya 2,4 kg perbulan, sedangkan nasional rata rakyat Indonesia konsumsi 4 kg dalam kurun sebulan," ucap Kepala Dinas Perikanan Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPdi, Rabu 23 November 2022.

 

Bahkan, sambung H Deswan, indeks makan ikan rata-rata saat ini berdasarkan dari statistik baru di level 2,4. secara Nasional indeks makan ikan rata-rata di angka 4.

 

BACA JUGA: Kapolda Sumsel Berikan Penghargaan ke Media Massa, Salah Satunya Palembang Ekspres

 

"Makanya banyak sekali ikan-ikan yang ada di pasar ini didatangkan dari luar Lahat, seperti Bengkulu, Kota Lubuk Linggau, Palembang, dalam memenuhi kebutuhannya," jelasnya.

 

Maka, masih kata dia, melalui TP PKK Lahat untuk melakukan kegiatan meningkatkan konsumsi ikan di lahat.

 

Salah satunya lomba masak serba ikan, diharapkan melahirkan menu inovatif.

 

"Dengan resep bumbu tradisional akan menciptakan berbagai jenis makanan dari ikan, sehingga masyarakat mengkonsumsi ikan.untuk melahirkan inovasi baru," urai H Deswan.

 

BACA JUGA:Walikota Pagaralam Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

 

H Deswan Irsyad mengemukakan, supaya gerakan gemar konsumsi ikan pada akhirnya indeks dapat dinaikkan Dinas Perikanan pada 2023 menyentuh pada level 3,5. Selain itu, terealisasi swasembada ikan dengan pengadaan bibit ikan 1 juta.

 

"Terhitung mulai 21 September 2022, Lahat telah mencapai 1 juta 8 ribu ekor, yang telah digelontorkan dan disebarkan ke seluruh kecamatan serta desa-desa," pungkasnya.

 

BACA JUGA: Memilih Ikan Segar Kaya Nutrisi, Ikuti Tips dan Trik Berikut Ya Moms

 

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengemukakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat terus mengalakkan makan dan lepas ikan di sungai. Terutama di daerah Kikim Area, Kota Agung dan Merapi Area, yang kini sulit mencarinya.

 

"Makanya kita menerbitkan peraturan daerah (Perda) tidak boleh memutas, setrum dan mancing dengan jala mengambil secara massal.

 

BACA JUGA:Pepes Ikan Peda Nikmat Rasanya Ahh Mantap!

 

Disamping lepas benih ikan 1 juta dan kini dimasing-masing desa telah memiliki lubuk larangan maupun bekarang," ucapnya.

 

Dengan begitu, sambung dia, habitat ikan akan tetap terpelihara dengan baik sekali. Camat dan Lurah wajib mensosialisasikan tidak boleh mutas atau menyetrum.

 

BACA JUGA: Sebar Puluhan Bibit Ikan Lele, Pemdes Sukajadi Kembangkan Induk Pembiakan  

 

"Program untuk melepas 3 juta lepas benih ikan seperti nila dan patin. Support masak serba ikan ini, kegiatan dijalankan sehingga menciptakan kecerdasaan dan tumbuh kembang normal," harap Cik Ujang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: