Honda

Spekulasi Pemilu 2024 Ala Wakil Rakyat Kabupaten Lahat, Tambah Kursi Hingga Dapil

Spekulasi Pemilu 2024 Ala Wakil Rakyat Kabupaten Lahat, Tambah Kursi Hingga Dapil

GEDUNG DEWAN : Tampak Anggota Dewan, Hj Yunani sedang berfoto di neon board DPRD Kabupaten Lahat, Senin 28 November 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM- Pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada 2024 masih tergolong jauh, hanya saja, beberapa partai politik (Parpol) maupun anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat telah berspekulasi dalam penghitungan suara termasuk juga penambahan jatah kursi di parlemen dan juga pembagian peta daerah pemilihan (Dapil) diubah.
 
Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Lahat, Yusril Pansyah melalui Sekretaris, Baktiansyah SP menuturkan, dirinya tidak mempermasalahkan apakah nantinya ada penambahan kursi, paling tidak, dapil yang berada di pemilihan lll tentunya perlu adanya perubahan.
 
 
"Karena apa, di dapil lll itu ada delapan kecamatan, tetapi, jumlah wakil rakyatnya hanya tujuh, bahkan untuk suaranya saja lebih banyak jika dibandingkan dengan dapil IV yang beranggotakan delapan dewan," jelasnya, Senin 28 November 2022.
 
Mengingat, sambung dirinya, khusus di dapil lll itu sendiri, jarak antara Kecamatan Lahat Selatan berdekatan sekali dengan dapil l Kota Lahat, atau dipecah saja, menjadi Kecamatan Gumay Talang, Gumay Ulu, Pulau Pinang dan Lahat Selatan.
 
"Tentunya ini akan menjadi pertimbangan kedepannya, sehingga jumlah wakil rakyat bertambah paling tidak 2 kursi," beber Baktiansyah.
 
 
Senada, Anggota DPRD Lahat, Lion Faizal SE MM menuturkan, dirinya tentunya pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 ada penambahan kursi yang semula 40 menjadi 45. Hal ini, adanya pemilih yang bertambah.
 
"Pada tahun sebelumnya, untuk jatah kursi ada 45 orang, terus mengalami perubahan dan turun 40 dewan. Nah, di 2024 ini, tentunya 5 kursi yang hilang tersebut dapat dimasukkan kembali," urainya.
 
Dengan, sambung dirinya, beberapa opsi perubahan daerah pemilihan (Dapil), apalagi penduduk di Kabupaten Lahat meningkat.
 
 
"Seperti halnya, Gumay Talang bisa digabungkan dengan Kota Lahat dan Lahat Selatan sehingga menjadi Dapil l, sedangkan kecamatan lain tetap tidak berubah," tegas Lion Faizal.
 
Lain halnya, Litran Effendi Gumay SH politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, tentunya untuk dapil jangan ada perubahan sama sekali, tetap seperti semula. Hanya saja, kursinya yang ditambah.
 
 
"Ini akan membuat calon legislatif (Caleg) akan bertarung secara sehat mencari suara sebanyak mungkin sekaligus simpatik warga, agar mereka bisa dipilih dan duduk di DPRD Lahat," terangnya.
 
Ia meminta, kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat mempertimbangkan masukan dari teman-teman anggota dewan maupun parpol, sehingga kedepannya akan semakin membaik.
 
"Sangat mungkin sekali kalau melihat dari pemilih disetiap dapil bertambah, sehingga dampaknya kursi parlemen pun ikut meningkat," harap Litran Effendi Gumay.
 

BACA JUGA:Komisi 1 DPRD Lahat Berikan Rekomendasi Bentuk Tim Terpadu

 
Sementara itu, Hj Yunani wakil rakyat dari Dapil ll, Merapi Area mengemukakan, untuk kawasan ini tidak ada perubahan, akan tetapi, jumlah pemilih yang bertambah.
 
"Setidaknya, kursi yang sebelumnya enam mungkin bisa menjadi 2 kursi. Tinggal bagaimana mekanisme," tukas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: