Honda

Bukti 'Nyata' Nomor Bantuan Polisi, Polsek Bayung Lencir Bekuk Komplotan Pemalak Jalintim

Bukti 'Nyata' Nomor Bantuan Polisi, Polsek Bayung Lencir Bekuk Komplotan Pemalak Jalintim

Pelaku Pungli di Jalintim Palembang-Jambi diamankan Polsek Bayung Lencir. --POLSEK BAYUNG LENCIR FOR PALPRES.COM

MUBA, PALPRES.COM- Usai diluncurkan Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A Rachmad Wibowo nomor bantuan polisi 0813-70002-110 yang bisa dihubungi masyarakat melalui media perpesanan pada aplikasi WhatsApp Oktober lalu. 

Kini terbukti membantu masyarakat, seperti terjadi di wilayah Polsek Bayung Lencir, Polres Musi Banyuasin, Polda Sumatera Selatan, Selasa 29 November 2022, telah mengamankan komplotan pemalak yang sering meresahkan pengendara khususnya ekspedisi maupun truk ketika melintas di Jalintim Palembang-Jambi

"Ya, kita berhasil mengamankan 3 orang premanisme karena melakukan aktifitas pungli atas nama Aprial, Monok dan Riyan," kata Kapolres Muba AKBP Siswandi melalui Kapolsek Bayung Lencir, Iptu Deby Apriyanto, Rabu 30 November 2022.

BACA JUGA:Gencar Sosialisasikan Nomor Bantuan Polisi, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Muba

Dia menjelaskan, 3 orang yang melakukan pungli terhadap kendaraan yang lewat dijalan lintas Palembang -Jambi kecamatan bayung lencir, terutama terhadap truk-truk ekspedisi, dengan modus pura-pura memperbaiki jalan rusak dan memintai uang terhadap kendaraan yang lewat.

"Hal ini dilakukan menindaklanjuti dari pengaduan masyarakat melalui Aplikasi Bantuan polisi sehubungan adanya kegiatan premanisme dijalanan yang meresahkan para sopir angkutan barang, " ungkapnya. 

Lanjutnya, usai diamankan ketiga orang tersebut tidak dilakukan proses hukum akan tetapi dilakukan pembinaan dan disuruh membuat pernyataan secara tertulis untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. 

BACA JUGA:Perlu Bantuan Polisi, Hubungi ke Nomor 081370002110

"Operasi premanisme yang dilakukan di jalintim ini untuk merubah kesan masyarakat terutama sopir yang berasal dari luar provinsi yang menganggap jalintim ini horor menjadi aman, " bebernya. 

Deby juga menghimbau, kepada masyarakat untuk tidak segan-segan melapor atau memberikan informasi kepada aparat kepolisian jika  ditemukan adanya suatu peristiwa yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, terlebih sekarang nomor Aplikasi Bantuan polisi sudah dipasang dibeberapa titik sehingga memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. 

"Tindakan kepolisian tersebut langsung mendapat respon positif, utamanya dari pengguna jalan, sebagaimana yang disampaikan oleh warga atas aksi cepat tanggap Polsek Bayung Lencir, " tandasnya.

BACA JUGA:Cara Unik, Bhabinkamtibmas Polsek Keluang Sosialisasikan Nomor Bantuan Polisi Bagi Warga

Berita terkait, Satlantas Polres Musi Banyuasin (Muba), Polda Sumatera Selatan sangat gencar mensosialisasikan nomor bantuan itu khususnya warga Bumi Serasan Sekate dengan berbagai cara seperti pemasangan baleho, melalui media medsos dan video.

Kapolres Muba AKBP Siswandi SIK melalui Kasat Lantas AKP Ricky Mozam SH MH mengatakan, kegiatan ini salah satu langkah dalam memberikan informasi kepada warga tentang adanya nomor bantuan polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: