Honda

Gempa Megathrust Bisa Picu Bencana Luar Biasa di Pesisir Jawa - Sumatera

 Gempa Megathrust Bisa Picu Bencana Luar Biasa di Pesisir Jawa - Sumatera

Ilustrasi gempa --Palpres.com

BACA JUGA:Kerahkan Anjing Pelacak Cari Korban Gempa Cianjur, Polisi Temukan Jenazah Ibu dan Anak Berpelukan

Kondisi tersebut mengakibatkan gerakan relatif antar lempeng tidak terbendung dan tekanan terkumpul di area dua lempeng, yang akan dilepaskan melalui gempa dahsyat yang disebut Megathrust.

Widjo mengatakan tsunami akibat gempa bumi Megathrust dapat menimbulkan bencana luar biasa. 

Karenanya daerah-daerah tepi pantai di wilayah Pulau Jawa dan Sumatra serta negara-negara di sekitar Samudra Hindia, perlu meningkatkan upaya mitigasi.

Ia pun kembali menekankan strategi mitigasi bencana yang sudah ada perlu ditinjau kembali, dievaluasi, dan diperbaiki guna mengantisipasi kemungkinan terjadi tsunami akibat gempa bumi Megathrust.

BACA JUGA:Gempa 5,6 Magnitudo Guncang Cianjur, Warga Berhamburan Selamatkan Diri

“Review (tinjau) kembali dokumen rencana kontingensi dan rencana operasi, peta-peta jalur evakuasi, sistem peringatan dini untuk mitigasi tsunami, terutama di wilayah pesisir Jawa-Sumatera. 

Serius dan segera,” ujarnya menerangkan.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati pada pertengahan 2022 ini juga mengingatkan bahwa potensi gempa Megathrust yang akan terjadi di Indonesia bukan sekadar ramalan belaka.

“Potensi gempa Megathrust dengan magnitudo 8,7 di pantai Selatan Jawa bukan ramalan atau prediksi. 

BACA JUGA:Polri Gunakan Motor Trail Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa di Daerah Pelosok

Potensi terjadinya gempa besar sudah ada analisisnya,” ujarnya pada Juli lalu.

Untuk diketahui, Indonesia sendiri dikelilingi dengan zona Megathrust dan wilayah yang masuk dalam zona tersebut berada di selatan Jawa, yakni pada bagian barat dan timur. 

Selain itu, letak geografis Indonesia yang diapit oleh tiga lempeng bumi, yakni Indo-Australia, Eurasia, dan pasifik menyebabkan adanya aktivitas pertemuan sebagian lempeng Indo-Australia dengan Eurasia yang menciptakan Megathrust di selatan Pulau Jawa.ara-timur Sumatera.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id