Honda

Jika Kamu Bertandang ke Pontianak Jangan Lupa Cicipi 6 Makanan Favorit Ini

Jika Kamu Bertandang ke Pontianak Jangan Lupa Cicipi 6 Makanan Favorit Ini

Makanan Kantong Semar, makanan yang wajib dicoba ketika Melancong ke Kota Pontianak--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kuliner Khas Pontianak sangat beragam sekali, banyak nya pengaruh budaya lokal dan touris menjadikan makanan trandisional dari pontianak sangat populer.

 

Teman-teman yang melancong sangat wajib mencicipi makanan dari kota yang dikunjungi, nah pontianak ini juga mempunyai ragam sajian kuliner makanan khas pontianak. Penasarankan kuliner apa saja yang ada dikota ini?

 

Berikut kami sajikan 6 daftar makanan khas pontianak yang jadi recommende, yuk mari kita simak:

 

1. Bubur Pedas Khas Pontianak

Bubur merupakan panganan yang sering menjadi pilihan untuk sarapan, nah kuliner khas pontianak kali ini yaitu bubur khas kalimatan,  Kuliner satu ini termasuk makanan yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat.

 

BACA JUGA:Bubur Pedas Khas Pontianak Rasanya Bikin Nagih

 

Bubur ini terbuat dari bumbu-bumbu rempah serta sayuran seperti daun pakis, daun kesum yang hanya ada dikalimatan, dan lainnya.  cita rasa dari bubur khas pontianak ini dikenal dengan nama bubur pedas dijamin membuatmu ketagiahan.

Dengan pelengkap taburan kacang dan teri goreng yang pasti tidak ada yang menolak untuk kuliner khas pontianak satu ini.

 

2. Pengkang

Kuliner satu ini yaitu pengkang merupakan olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang bersama ebi dan dibakar.  Nah proses pembakarannya menggunakan daun pisang membuat kuliner satu ini memiliki aroma khas yang menggoda.

tahu kah kamu pengkang lebih nikmat apabila disajikan lengkap dengan sambal kerang yang membuat kuliner satu ini semakin sedap.

 

 

BACA JUGA:Resep Cemilan Ringan yang Enak dan Bikin Ngiler, Dicoba Yuk!

 

3. Chai Kwe 

By the way kuliner tradisional khas dari pontianak erat kaitannya dengan kuliner yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya tionghoa salah satunya kuliner satu ini yaitu chai kwe.

panganan ini sendiri merupakan makanan ringan khas pontianak yang terbuat dari tumisan sayur  seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungku menggunakan kulit yang terbuat  dari campurang tempung beras dan tepung tapioka.

Walaupun makanan ringan khas pontianak ini lebih sering disajikan dengan cara dikukus, ada juga yang kerap disajikan dengan cara digoreng.

 

4. Jorong-Jorong Kuliner Khas Pontianak saat Ramadan Tiba

Kuliner ini biasanya populer pada saat ramadan tiba. Di Pontianak, ada juga kuliner yang muncul hanya pada saat bulan ramadhan saja, apa itu? ialah Jorong-jorong.

Panganan khas dari ketapang dan tepian sungan pontianak ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dikukus menggunakan wadah yang terbuat dari daun pisang.

 

BACA JUGA:Resep Kue Gandus Palembang, Lembut Gurih dan Nikmat

 

5. Tau Swan

Nah kuliner satu ini sama seperti chai kwe hasil akulturasi budaya tionghoa.  Makanan khas pontianak yang kerap dijajakan pada malam hari ini terbuat dari air gula yang dicampung kacang kedelai dan potongan kue manis.

Cita rasa dari kuliner satu ini sangat manis, sehingga kalian dianjurkan untuk menjadga kadar gula darah, asal makannya jangan berlebih ya.

 

6. Kue Kantong Semar

Kue kantong semar sangat unik, kenapa? karena membungkus makanannya memang dari kantong semar, makanan ringan khas potianak ini yang berasal dari pedalaman dan pesisir kaliamatan barat.  Kantor semar digunakan untuk membungkus bahan-bahan dari makanan tersebut.

 

BACA JUGA:Resep Coto Makasar Kuah Kental dan Gurih Pasti Kamu Ketagihan!

 

Makanan ini sendiri terbuat dari adonan beras pulut dan juga kacang merah yang dikukus, kuliner satu ini sangat unik sehingga layak masuk daftar kuliner khas pontianak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: