Honda

SIMAK! Ini Dia 5 Tips Mencegah Henti Jantung Saat Berolahraga

  SIMAK! Ini Dia 5 Tips Mencegah Henti Jantung Saat Berolahraga

SIMAK! Ini Dia 5 Tips Mencegah Henti Jantung Saat Berolahraga--pixabay.com

Selain durasi latihan, Anda bisa juga perlu menentukan denyut jantung yang harus dicapai saat berolahraga. Anda bisa mengeceknya lewat kalkulator detak jantung.

BACA JUGA:Sebelum Tidur, Lakukan Olahraga Ini Agar Tidurmu Nyenyak

3. Pilih olahraga sesuai dengan kondisi tubuh

Pada orang yang sehat, pilihan jenis olahraga sangat beragam. Anda bisa memilih lari, berenang, yoga, jalan cepat, bersepeda, atau melakukan olahraga permainan, seperti bola basket atau bulu tangkis.

Akan tetapi, ini berbeda pada orang yang memiliki masalah jantung. Pilihan olahraga yang tidak tepat bisa memicu kambuhnya gejala penyakit jantung yang dimiliki, bahkan meningkatkan risiko terjadinya henti jantung saat olahraga.

Jenis olahraga yang aman untuk pasien penyakit jantung adalah jalan santai, bersepeda, berenang, ataub taichi. Akan tetapi, jika Anda masih ragu dengan pilihan jenisnya maupun rencana olahraga yang aman, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis jantung yang menangani kondisi Anda.

Pada beberapa kondisi, mungkin pasien penyakit jantung tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sementara waktu. Anda boleh kembali melakukan aktivitas ini, jika dokter sudah memberikan lampu hijau.

BACA JUGA:5 Olahraga Ringan untuk Pemula

4. Ikuti panduan olahraga dengan benar

Tips selanjutnya agar Anda terhindar dari henti jantung saat olahraga adalah mengikuti aturan olahraga pada umumnya. Anda diharuskan melakukan latihan pemanasan selama 5 hingga 10 menit sebelum melakukan olahraga. Kemudian, setelahnya Anda juga perlu melakukan latihan pendinginan dengan durasi yang sama.

Tujuan dari latihan pemanasan dan pendinginan adalah menghindari cedera otot sekaligus membantu Anda mempersiapkan pernapasan jadi lebih cepat sebelum olahraga dan mengembalikan kecepatannya ke pernapasan normal.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat di tengah-tengah latihan. Sekaligus menyiapkan makanan camilan sehat, seperti pisang atau apel dan air putih.

Makanan dan minuman tersebut dapat menggantikan mineral, cairan, dan energi tubuh yang hilang. Dengan begitu, Anda terhindar dari dehidrasi dan tidak lemas setelah berolahraga.

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu! Ini Waktu Terbaik Untuk Olahraga

5. Segera periksa ke dokter jika mengalami gejala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: