Honda

Hindari 6 Makanan ini Dapat Memicu Penyakit Jantung

Hindari 6 Makanan ini Dapat Memicu Penyakit Jantung

Ilustrasi Seseorang memakan gorengan kentang -pixabay-

Penyakit jantung ditandai penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri yang lalu menyebabkan penyumbatan pada arteri. Karena jantung merupakan organ tubuh yang paling vital, mari kita jaga kesehatan jantung dengan pola hidup yang sehat.

Sakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit jantung tetap merajai puncak penyebab kematian tertinggi di dunia sampai saat ini.

Penyakit jantung merujuk pada gangguan organ jantung. Penyakit ini seringkali tak menunjukkan gejala apa pun hingga penderita mengalami serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia.

Golongan penyakit kardiovaskuler ini merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia.Faktor penyebab Penyakit jantung beragam, salah satunya karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Lantas, apa makanan pemicu sakit jantung?

 

BACA JUGA:Angkutan Batu Bara Kembali Beroperasi Meski Satu Jalur, Polda Jambi Evaluasi Terminal di Pelabuhan



1. Daging olahan


Selain daging merah, daging olahan juga rentan memicu penyakit jantung. Misalnya, bacon, nugget, sosis, sampai hot dog.


Pasalnya, daging olahan punya kandungan lemak jenuh, kalori, dan garam yang tinggi. Kelebihan kandungan zat-zat tersebut bisa menimbulkan sakit jantung.


2. Mentega


Penderita penyakit jantung juga tidak boleh makan butter atau mentega. Tentu sudah jadi rahasia umum jika mentega mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

 

BACA JUGA:Maaf, Tenaga Honorer Ini Tidak Masuk Kategori Diangkat Jadi PNS


Meski dapat membuat makanan jadi terasa lebih enak, mentega tidak baik untuk kesehatan jantung jika dikonsumsi secara berlebih.


3. Kentang goreng


Kentang goreng di kafe dan restoran juga merupakan makanan pemicu sakit jantung. Pasalnya, kentang goreng tersebut biasanya digoreng dengan metode deep fry yang menghasilkan lemak trans dan kolesterol.


4. Mi instan


Saat tengah malam atau hujan mungkin Anda ingin makan mi instan. Namun nyatanya, mi instan juga rentan memicu sakit jantung.


Hal ini karena mi instan punya kandungan natrium atau garam yang tinggi. Begitu juga dengan lemak jenuh dan glikemiknya


5. Makanan tinggi gula, garam, lemak


Selain makanan penyebab sakit jantung yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi makanan-makanan lain yang punya banyak kandungan gula, garam, dan lemak karena tetap memberi risiko penyakit jantung.


6. Gorengan


Banyak makanan Indonesia yang dimasak dengan teknik digoreng. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak mengandung lemak trans yang tinggi dan secara tidak langsung meningkatkan kolesterol jahat.


Ketika kadar kolesterol jahat yang tinggi ada di dalam darah, menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah di jantung dan berisiko penyakit jantung.

Selain dengan berolahraga teratur, kita harus jauhi makanan pemicu dan atur pola makan yang sehat supaya terhindar dari penyakit jantung. Maka, inilah 5 makanan pemicu penyakit jantung yang harus dihindari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: