Honda

7 Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang

7 Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang

Pulau Komaro salah satu Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang-Foto: Alhadi Farid-palpres.com

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Dijelajahi, Ada Sungai Musi Palembang Lho!

2. Museum Negeri Sumsel, Balaputera Dewa

Museum Negeri Sumatera Selatan merupakan museum umum di Sumsel yang menampilkan berbagai koleksinya mulai dari bagian megalitik, Sriwijaya, Kesultanan Palembang, dan kemerdekaan Republik Indonesia.

Megalitik berisi situs yang menggambarkan daerah Pagaralam di era megalitik.

Bagian Sriwijaya menampilkan berbagai artefak, prasasti, dan kerajinan yang dapat ditemukan di era Sriwijaya dan bagian Kesultanan Palembang berisi berbagai koleksi kerajinan dan juga rumah adat Palembang dan lainnya.

BACA JUGA:Temuan Sungai Musi Batu Lingga Yoni, Jadi Koleksi Museum Sriwijaya

3. Pulau Kemaro

Sebagai salah satu destinasi budaya yang populer di Kota Palembang, Pulau Komaro sangat wajib untuk kamu datangi. Apalagi lokasi pulau pulau ini berjarak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera jika kamu menelusuri jalan melalui Sungai Musi.

Daya tarik Pulau Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau yang dibangun tahun 2006. Pagoda ini tingginya 45 meter dengan masing-masing tingkatnya 5 meter.

Pagoda Tiongkok ini memiliki delapan sudut seperti simbol Pat Kwa atau KedelapanTrigram. Warna pagoda tersebut memiliki warna-warna yang cerah sesuai dengan makna simbol warna yang terdapat pada kepercayaan Tiongkok.

Vihara setinggi sembilan lantai ini bernama Vihara Hok Tjiang Rio ini sering digunakan bagi para penganut agama Buddha yang ingin beribadah.

BACA JUGA:7 Sungai Terpanjang di Indonesia, Sungai Musi Ada Gak ya?

4. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan salah satu bangunan yang dibangun dari zaman Kesultanan Palembang Darussalam yang dibangun oleh tenaga rakyat pribumi pada waktu itu. 

Bangunan ini merupakan simbol Pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam, yang terletak tepat di pusat Kota Palembang.
Lebih spesifiknya ada di dekat Jembatan Ampera, persisnya bibir di Sungai Musi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: