Honda

Temuan Sungai Musi Batu Lingga Yoni, Jadi Koleksi Museum Sriwijaya

Temuan Sungai Musi Batu Lingga Yoni, Jadi Koleksi Museum Sriwijaya

batu lingga yoni yang berfungsi sebagai penyalur air pembasuh arca -Foto: Alhadi Farid-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Komunitas Palembang Pusaka Sriwijaya secara sukarela menyerahkan delapan benda yang bernilai sejarah kepada Museum Sriwijaya Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya (TWKS), Selasa 12 Desember 2022.

Satu dari delapan benda bersejarah tersebut ada batu lingga yoni yang berfungsi sebagai penyalur air pembasuh arca yang diyakini sebagai peninggalan pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Hal ini dilihat dari jenis batunya, yang memiliki kesamaan dengan patung-patung masa Kerajaan Sriwijaya dan Prasasti Telaga Batu.

“Ditambah lagi Lingga Yoni selalu identik dengan kerajaan-kerajaan. Kemudian ada ukiran-ukiran Sriwijaya. Untuk itulah, kami meyakini bahwa Lingga Yoni ini adalah salah satu peninggalan masa Sriwijaya,” jelas penggiat Komunitas Palembang Pusaka Sriwijaya Raden Pangku Alam kepada Palpres.com.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Dijelajahi, Ada Sungai Musi Palembang Lho!

Alam menambahkan, batu yang merupakan lambang dari Dewi Parwati ini ditemukan di perairan Sungai Musi, tidak jauh dari Jembatan Ampera.

“Batu ini kita temukan pada 2019 silam. Sekitar 100 meter dari Ampera dengan kedalaman sekitar 9-10 meter di lumpur. Selain itu ada juga tombak era Sriwijaya, pisau pangut temuan Sungai Musi yang dipakai untuk berburu dan lainnya,” tambah Alam.

Oleh sebab itulah, dengan adanya temuan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda

“Makanya kita hibahkan ke Museum Sriwijaya, agar dapat dipamerkan kepada masyarakat secara luas. Sebab, benda-benda bersejarah ini sangat penting untuk dilestarikan sebagai bahan edukasi bahwa Sriwijaya ada di Sumsel,” terangnya.

BACA JUGA:Komunitas Detector Sriwijaya Hibahkan 1000 keping Koin Sriwijaya Temuan Sungai Musi


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) Dr H Aufa Syahrizal SP MSc mengaku bersyukur atas kepercayaan masyarakat kepada museum untuk menghibahkan benda bersejarah.

Apalagi yang ditemukan ini merupakan Batu Lingga Yoni sebagai pancuran yang digunakan untuk mandi dan ditemukan di Sungai Musi.

“Alhamdulillah, berkat kesadaran masyarakat dengan keikhlasannya menghibahkan temuan-temuan benda bersejarah yang memiliki arti penting dan dihibahkan ke museum sehingga dapat menambah koleksi Museum Sriwijaya dan menjadi bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya ada di Sumsel,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com