Honda

Peran Satlinmas di OKU Selatan Diharapkan Bisa Bantu Jaga Kamtibmas

Peran Satlinmas di OKU Selatan Diharapkan Bisa Bantu Jaga Kamtibmas

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten OKU Selatan Memberikan Sambutan.-Andriansyah Palpres.com-

OKU SELATAN,PALPRES.COM – Satuan Perlindungan Masyarakat atau yang disebut dengan Satlinmas diatur dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Pelindungan Masyarakat.

Oleh sebab itu, keberadaan Satlinmas diharapkan bisa meningkatkan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di Kabupaten OKU Selatan.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran OKU Selatan, Tarmizi.

BACA JUGA:Pahami Tupoksi, Ratusan Anggota Linmas di Lubuklinggau Dilatih Humanis

Menurutnya, tugas pokok dan fungsi Linmas kedepan dapat membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024 mendatang. 

“Yang jelas anggota Satlinmas harus memahami benar-benar tugas dan fungsinya dilikungan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali menjelaskan, bahwa Linmas akan berperan dalam kesuksesan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, terutama dalam memastikan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman. 

"Satuan Linmas juga memiliki kemampuan dalam mengendalikan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan diharapkan Linmas juga bersikap Netral," ungkapnya.

BACA JUGA:LSM dan Ormas Wajib Terdaftar di Kesbangpol Linmas Muratara

Dikatakan, Linmas sebagai garda terdepan keamanan dan ketertiban berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu. 

"Serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan seluruh komponen penyelenggara Pemilu serta dengan pihak keamanan yaitu TNI/Polri agar Pemilu berlangsung secara aman dan terkendali,” katanya

Berita terkait, sebanyak 250 orang anggota Linmas di Kota Lubuklinggau diberikan pelatihan dalam memahami Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dalam menjalankan kegiatan. Kegiatan ini digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat di Kantor Camat Lubuklinggau Barat ll, Kamis 22 September 2022.

BACA JUGA:Cegah dan Mitigasi Bencana, Linmas di Muba Dibekali Pelatihan

Di buka langsung, Staf Ahli l Wali Kota Lubuklinggau Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Asron Erwadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: