Honda

Nama Makam-Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir, Yuk Kita Kenali

Nama Makam-Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir, Yuk Kita Kenali

Salah Satu Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir.-Istimewa-

Usang Sungging atau oleh penduduk Lokal Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu lebih dikenal dengan sebuah sang sungging dikisahkan bernama asli Abdul Hamid. Beliau berasal dari keturunan kerajaan dari Pulau Jawa dan menetap di kesultanan Palembang.

BACA JUGA:7 Arsitektur Masjid Bersejarah di Indonesia yang Penuh Filosofi, Ada Majid Agung Palembang lho!

Beliau terkenal dengan beberapa keahlian seperti rancang bangun, melukis, mengukir/memahat bahkan menyiapkan rencana-rencana yang akan dilakukan oleh istana. Beliau sangat dekat dan sudah dipercaya layaknya anggota keluarga oleh Sultan.

Di Desa Wisata Burai, Tanjung Batu ada 9 Makam Puyang yang saat ini sering diziarahi warga, baik warga setempat maupun warga daerah lainnya. Seperti Makam Puyang Darusallam, Puyang Bang Tawi, Puyang Tuanku Umar Baginda Saleh atau Said Umar Baginda Tuan Umar Baginda Saleh.

Selanjutnya, Puyang Usang Gemok, Puyang Tujuh Bersaudara, Usang Gindor Mato, Usang Daerah Putih, Puyang Pinang Kote, dan Puyang Putri Rambut Panjang. Data Makam-makam Bersejarah ini diambil dari Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Pemkab Ogan Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: