Honda

7 Wisata Religi di Kabupaten Ogan Ilir, Nomor 5 Jarang Diketahui

7 Wisata Religi di Kabupaten Ogan Ilir, Nomor 5 Jarang Diketahui

Makam Raja Sido Ing Rejek berada di Desa Sakatiga, Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir. Salah satu wisata religi di Ogan Ilir-Foto: Alhadi Farid-palpres.com

OGAN ILIR, PALPRES.COM - Selain dikenal kota santri, Ogan Ilir juga dikenal dengan banyaknya destinasi wisata religi yang tersebar di Kabupaten Ogan Ilir.

Kabupaten dengan julukan Bumi Caram Seguguk ini juga memiliki keanekaragaman bahasa, dari bahasa pegagan dan bahasa Melayu.

Untuk itulah, jika berkunjung ke kabupaten hasil pecahan dari Kabupaten Ogan Komering Ilir ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata religinya.

Sebab, di Kabupaten ini banyak memiliki makam-makam bersejarah yang bisa dikunjungi sebagai bahan edukasi.

BACA JUGA:Nama Makam-Makam Bersejarah di Kabupaten Ogan Ilir, Yuk Kita Kenali

Berikut 7 Wisata Religi di Kabupaten Ogan Ilir yang bisa dikunjungi.

1. Makam Sido Ing Rejek

Makam Raja Sido Ing Rejek berada di Desa Sakatiga, Kecamatan Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel).

Sido Ing Rejek adalah raja terakhir dari raja Palembang, tidak ada lagi raja setelahnya. Sido Ing Rejek adalah raja ke 11 yang memerintah pada tahun 1652-1659.

BACA JUGA:Jangan Ditiru! Makam Usang Raden Kuning Sempat Disalahgunakan Pelaku Syirik

Sebelum meninggal Sido Ing Rejek memberi wasiat kepada putra mahkota untuk segera meninggalkan Saka Tiga, agar terhindar dari kejaran Belanda dan melanjutkan perjuangannya untuk merebut Palembang dari pendudukan Belanda.

Banyak orang berdatangan untuk berziarah ke makam Sido Ing Rejek ketika di bulan ramadhan. Tidak hanya masyarakat sekitar, namun juga banyak dari Kota Palembang bahkan dari Jawa yang masih keturunan darah bangsawan Kerajaan Demak juga berziarah ke makam Sido Ing Rejek.

2. Makam Putri Pinang Masak

Makan putri pinang masak terletak di Desa Senuro sekitar 30 menit perjalanan dengan mengendarai mobil menuju Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir melalui jalan KPT Tanjung Senai-Burai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com