Honda

Catat, Besok 23 Desember 2022 Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Dibuka Gratis Pukul 08.00 WIB

Catat, Besok 23 Desember 2022 Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Dibuka Gratis Pukul 08.00 WIB

Jalan tol Bengkulu–Taba Penanjung-Trisno Rusli-palpres.com

BENGKULU, PALPRES.COM – Kabar bahagia buat masyarakat Bengkulu dan sekitarnya, besok 23 Desember 2022, Tol Bengkulu-Taba Penanjung resmi dibuka PT Hutama Karya.

Jalan tol pertama di Provinsi Bengkulu ini dibuka tanpa tarif untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Tol Bengkulu-Taba Penanjung dijadwalkan akan dibuka pada pukul 08.00 WIB.

Sebelumnya, Tol Lubuk Linggau-Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu-Taba Penanjung) sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada tanggal 13 – 14 April 2022.

BACA JUGA:Simak, Segini Tarif Tol Palembang-Bakauheni Golongan 1 Hingga 5 Jelang Nataru 2023

BACA JUGA:Nataru 2023, Tol Cisumdawu dan Japek Selatan Dibuka Meski Masih Dalam Perbaikan, Harap Berhati-hati!

Uji coba dengan dioperasikan secara fungsional dilakukan pada saat momen Mudik Lebaran 2022.

Momen lebaran ini, ada 45 ribu kendaraan yang melintas di jalan tol dengan zero kecelakaan.

Pengoperasionalan Tol Lubuk Linggau-Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu-Taba Penanjung) paska dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022.

Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu – Taba Penanjung).

BACA JUGA:Tarik Tunai Saldo Dana OVO Bisa di Indomaret, Begini Caranya

Berdasarkan dasar hukum inilah, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola secara resmi akan mengoperasikan tanpa tarif jalan tol sepanjang 17,60 Km mulai Jumat, 23 Desember 2022 tepatnya pukul 08.00 WIB.

“Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro seperti dilansir dari hutamakarya.com.

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan Nataru 2023 di ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung, Hutama Karya sudah menyiapkan fasilitas dan personil siaga diantaranya yakni 101 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli.

“Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan,” tutur Koentjoro.

BACA JUGA:Cara Klaim JHT Lewat Aplikasi JMO, Khusus Saldo di Bawah Rp10 Juta

Para petugas ini, sambung Koentjoro sebelumnya telah dilakukan pelatihan terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap melayani pengguna Tol Bengkulu - Taba Penanjung.

“Karena jalan tol ini merupakan yang pertama di Provinsi Bengkulu, perlu dilakukan sosialisasi kepada pengguna jalan tol yang melintas dan saat ini masih belum ditetapkan tarif selama masa sosialisasi,” jelasnya.

Namun demikian, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas di GT Bengkulu.

“Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas,” himbaunya.

BACA JUGA:BSU BPJS Ketenagakerjaan Diperpanjang 27 Desember 2022, Segera Perbarui Data Anda Buat Dapat Dana Rp600.000

Seperti berkendara dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan.

Hutama karya juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

“Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE,” katanya.

BACA JUGA:3 Ruas Tol Ini Bakal Diterapkan Rekayasa Contra Flow Hingga One Way pada Nataru 2023

Selain itu untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

“Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol,” ujarnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: