Honda

BNN Lubuklinggau Komitmen Berantas Serta Minimalisir Penyalahgunaan Narkoba

BNN Lubuklinggau Komitmen Berantas Serta Minimalisir Penyalahgunaan Narkoba

Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Himawan Bagus Riady-Fran Kurniawan-Palpres.com

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau selama tahun 2022 gencar melakukan berbagai terobosan dalam rangka pencegahan dan meminimalisir penyalahgunaan narkoba ditengah masyarakat. 

Namun, tindakan tegas dalam pemberantasan bahaya latin narkoba terhadap penyalahgunaan pun tetap dilaksanakan.

Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Himawan Bagus Riady dalam siaran persnya mengungkapkan, sepanjang tahun 2022, BNN Kota Lubuklinggau melalui Seksi Pemberantasan telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk menghentikan serta memutus mata rantai jaringan dan pasokan narkoba di pasaran, Jumat, 30 Desember 2022.

“Ada 2 kasus menonjol yang berhasil diungkap oleh BNN Kota Lubuklinggau, dengan 2 orang tersangka dan berhasil mengamankan barang bukti sabu seberat 307,527 gram dan 10 butir ekstasi," katanya.

BACA JUGA:Hunian Kamar Hotel di Kota Lubuklinggau Penuh, Penyebabnya Karena ini

Kemudian dari seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, BNN Kota Lubuklinggau melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba dan untuk meningkatkan imunitas (daya tangkal) masyarakat agar senantiasa menolak penyalahgunaan narkoba.

Dengan berbagai langkah preventif melalui rangkaian kegiatan sosialisasi, penyuluhan serta rakor pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba, koordinasi dalam rangka pengayaan referensi advokasi di BNNP.

"Lalu intervensi pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba, fasilitasi ketahanan keluarga berbasis sumber daya manusia pembangunan desa, dialog interaktif remaja, informasi dan edukasi melalui talk show/tatap muka yang melibatkan puluhan ribu orang," ungkapnya.

Kemudian workshop Penggiat P4GN masyarakat dalam mewujudkan KOTAN, Bangpas pada Lembaga Adat dan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal, Workshop Penggiat P4GN di lingkungan Pendidikan, Konsolidasi Kebijakan KOTAN pada Lingkungan Pendidikan dan Workshop Penggiat P4GN dunia usaha/ lingkungan swasta, Workshop Penguatan Kapasitas Kepada Insan Media untuk mendukung KOTAN.

BACA JUGA:Cara Dapat Dana Bansos Rp3 Juta, Khusus yang Punya Kartu KIS BPJS Kesehatan, Cair Januari 2023

Himawan melanjutkan, dari segi rehabilitasi diharapkan dapat mengatasi permasalahan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. 

Apalagi pasien pengguna narkoba yang telah ditangani melalui rawat jalan sebanyak 98 orang dan layanan pasca rehabilitasi sebanyak 21 orang. 

Selain itu, dilakukan juga penguatan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah dan layanan IBM 2022 IBM Kelurahan Karya Bakti, Kecamatan Lubuk Linggau Timur II.

Selanjutnya, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan P4GN di tahun 2022 demi mewujudkan Indonesia Bersinar, seperti belum optimalnya kerjasama dan koordinasi dengan dinas atau instansi terkait dalam melaksanakan program P4GN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com