Honda

SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Seleksi Pelajar Untuk Ikuti SNPMB, Yuk Lihat Caranya

SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Seleksi Pelajar Untuk Ikuti SNPMB, Yuk Lihat Caranya

Siswa SMAN 1 Tebing Tinggi sial mengikuti SNMPB-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM -Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui tim persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 secara resmi telah mengeluarkan pegumuman mengenai jalur seleksi bagi siswa yang ingin mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Terdapat 3 jalur seleksi bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke PTN. Pertama, jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), kedua Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), ketiga Seleksi Mandiri. 

Kepala SMA N 1 Tebing Tinggi, Ajrianto melalui Thomas Edwin selaku Waka Kesiswaan mengatakan SMA N 1 Tebing Tinggi akan memilih 74 siswa berprestasi yang akan mengikuti jalur SNBP. 

Hal ini berdasarkan pada peraturan yang telah ditetapkan oleh tim SNPMB yakni kuota 40% dari jumlah keseluruhan siswa kelas XII untuk sekolah yang terakreditasi A.

BACA JUGA:Sistem Seleksi Mahasiswa Baru PTN Berubah, Tes Mata Pelajaran di SNPMB 2023 Dihilangkan

“Karena sekolah kita akreditasinya A maka kuota untuk jalur SNBP sebanyak 40% dari jumlah siswa kelas XII terdiri dari 38 IPA dan 36 IPS,” jelas Edwin. 

Adapun syarat untuk memilih siswa yang mengikuti jalur SNBP yakni pemeringkatan siswa dilakukan oleh pihak sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1-5.

Sekolah dapat menembahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. 

Edwin melanjutkan, untuk persiapan mengikuti jalur SNBP, pihak sekolah melakukan sosialisasi kepada siswa, yang kemudian akan dilanjutkan sosialisasi kepada wali murid siswa. Setelahnya dilanjutkan dengan bimbingan terhadap siswa. 

BACA JUGA:Seleksi Petugas Haji 2023 Telah Dibuka, Berikut Tata Cara dan Persyaratannya

“Setelah sosialisasi dan bimbingan sudah selesai maka barulah mendaftarakan siswa. Harapannya banyak siswa dari sekolah kita yang lulus jalur SNBP ini,” harap Edwin. 

Untuk mengingatkan sebelum ini seleksi masuk ke PTN dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Mulai tahun ini SNMPTN diganti dengan SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. 

Aturan SNBP 2023 tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022.

Berdasarkan aturan ini, ada sejumlah perbedaan antara SNMPTN dan SNBP 2023. Salah satunya yaitu siswa kini bisa memilih prodi pilihan tanpa dikotakkan asal jurusan di sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: