Honda

Pameran SAR di OKU Timur Jadi Ajang Promosi Kantor SAR Palembang

Pameran SAR di OKU Timur Jadi Ajang Promosi Kantor SAR Palembang

Salah satu personel Kantor SAR Palembang Unit Siaga OKU Timur sedang menjelaskan mengenai peralatan yang dipakai saat Operasi SAR, kepada beberapa pelajar-Basarnas-

OKUT, PALPRES.COM - Kantor SAR Palembang mengikuti Pameran SAR yang digelar   dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten OKU Timur ke-19 yang akan jatuh pada17 Januari 2023.

Pameran SAR resmi dibuka oleh Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Lapangan KONI Gumawang, OKU Timur, Sabtu, 14 Januari 2023.

Dalam kegiatan tersebut stand SAR Palembang yang dikoordinir oleh Tim Rescue Basarnas Palembang & Rescuer dari Unit Siaga OKU Timur, menggelar berbagai perlengkapan dan peralatan SAR yang dimiliki oleh Kantor SAR Palembang.

Peralatan dan perlengkapan yang dipamerkan, sering digunakan dalam operasi Pencarian & Pertolongan (SAR) serta bantuan kemanusiaan dalam hal penanggulangan bencana alam.

BACA JUGA:Segera Dapatkan Bansos Saldo DANA Gratis Rp3.500.000 dari Pemerintah, Ini Syarat dan Ketentuannya

Selain itu Kantor SAR Palembang juga menampilkan  peragaan sistem evakuasi di ketinggian, peralatan CSSR/ Colaps Structure Search & Rescue, peralatan pendeteksi korban bawah air seperti Aqua ye, Under Water Search Device/UWSD, yang merupakan hasil pengembangan IPTEK dari Kabasarnas langsung, Marsdya TNI. Endri E Alpiandi. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang Hery Marantika S.H,. M.Si mengatakan bahwa tujuan Kantor SAR Palembang mengikuti kegiatan seperti ini adalah  membangun dan meningkatkan koordinasi Basarnas dalam hal ini Kantor SAR Palembang bersama unsur Forkopimda di Sum-Sel, khususnya Kab.OKU Timur dan seputaran.

“Serta diharapakan mampu mengedukasi masyarakat agar lebih mengutamakan keselamatan dalam setiap aktifitas.

Juga memperkenalkan tentang Peralatan Evakuasi yang dimiliki oleh Basarnas dalam menunjang tugas-tugas Kemanusiaan, baik kepada masyarakat OKU Timur khususnya dan kepada masyarakat Sumsel umumnya terkait penanganan musibah dan bencana sesuai dengan peran Basarnas, khususnya pelaksanaan Operasi SAR.

BACA JUGA:Giliran UMKM Dapat Dana Bansos Hingga Rp3.000.000 dari Pemerintah, Begini Cara Daftarnya

Pameran SAR ini diselenggarakan oleh Pemda OKU Timur ini, dikuti  oleh barbagai instansi baik vertikal maupun SKPD yang ada di Kab.OKU Timur.

Dimana Kantor SAR Palembang juga berpatisipasi bersama unsur Potensi SAR lainnya seperti TNI/Polri.

Pemeran ini juga sebagai ajang promosi agar masyarakat lebih mengenal Basarnas pada umumnya dan Kantor SAR Palembang pada khususnya, dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian masyarakat untuk saling tolong-menolong terhadap sesama manusia yang mengalami musibah dan bencana.

Selain, masih terbatasnya perilaku “safety” dan kedisiplinan di kehidupan masyarakat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: basarnas