Honda

Main Wayang Orang, Panglima TNI dan Kapolri Perankan Lakon Pandawa

Main Wayang Orang, Panglima TNI dan Kapolri Perankan Lakon Pandawa

Kaporlestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib bersama PJU dan anggota nonton bersama pagelaran wayang orang Pandowo Boyong yang diperankan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.-Polda Sumsel-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam berbagai kesempatan selalu menunjukkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri.

Tidak hanya soal urusan menjaga kondusivitas Indonesia, keduanya juga kompak melestarikan kesenian tradisional dengan main wayang orang bersama.

Laksamana Yudo dan Jenderal Sigit tampil dalam pagelaran wayang orang Pandowo Boyong.

Pagelaran ini digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Ahad 15 Januari 2023 pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam pagelaran wayang orang 'Pandawa Boyong' memerankan sosok Bima Sena. Sementara istrinya, Vero Yudo Margono, memerankan sosok Dewi Nagageni.

BACA JUGA:Kapolri Ingatkan 3 Sikap Ini Bisa Merusak Persatuan Bangsa Saat Pemilu 2024

Para Kepala Staf TNI juga ikut ambil bagian, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman akan memerankan sosok Batara Guru, KSAL Laksamana Muhammad Ali memerankan Batara Baruna, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memerankan Eyang Abiyasa.

Sementara itu, Jenderal Sigit memerankan tokoh Prabu Puntadewa. Puntadewa dalam pewayangan digambarkan sebagai sosok manusia yang berhati suci dan membela kebenaran. Puntadewa juga digambarkan sebagai sosok manusia yang sabar, beriman, tekun beribadah, ikhlas dan jujur.

Pagelaran wayang orang 'Pandawa Boyong' ini diinisiasi oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berkolaborasi dengan lintas generasi, para tokoh dan berbagai unsur seperti Laskar Indonesia Pusaka, Paguyuban Wayang Orang Barata, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Aksi Tawuran Antar Pemuda di Palembang Telan Korban Meninggal, Usia Para Pelaku Buat Elus Dada

Laksamana Yudo Margono di kalangan seniman memang dikenal juga sebagai sosok Laksamana Budayawan. Ini karena dirinya selama ini sangat konsen dalam melestarikan seni budaya warisan leluhur nenek moyang.

Menurut Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid Humas, Kombes Pol Drs Supriadi MM menyebutkan kegiatan nonton bersama ini yang diikuti seluruh Personel TNI /Polri sampai satwil jajaran.

Hal ini sebagai wujud sinergitas TNI Polri dalam usaha menjaga kelestarian budaya, termasuk wayang orang, menjadi semakin penting untuk dilaksanakan di tengah serbuan pengaruh budaya asing sebagai dampak dari globalisasi hasil kemajuan teknologi informasi dan digital.

Dirinya bertekad untuk ambil bagian dalam usaha melestarikan berbagai kekayaan budaya bangsa melalui tindakan-tindakan yang nyata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com