Honda

Kujur Pejuang Kesultanan Palembang Darussalam Penghuni Baru Museum Negeri Sumatera Selatan

Kujur Pejuang Kesultanan Palembang Darussalam Penghuni Baru Museum Negeri Sumatera Selatan

HIBAH Kepala Museum Negeri Sumsel Chandra Amprayadi (dua dari kiri) dan 2 stafnya, Sukri dan Adie Citra Sandy menerima hibah tombak kujur bersejarah dari warga Kedataon, OKU.--Foto Museum Negeri Sumsel for Palpres

BACA JUGA:Taman Budaya Sriwijaya dan Museum Negeri Sumsel Terbuka bagi Semua Seniman, Asalkan..

Seperti diketahui, Museum Negeri Sumsel, Balaputera Dewa terletak di Jalan Srijaya I No. 288 Km. 5,5 Kelurahan Srijaya memiliki banyak sekali koleksi unggulan di antaranya Offset Harimau Sumatera, Rumah Limas, Songket Pinggir Pangkeng, Arca Batu Gajah, Arca Ibu Mendukung Anak, Prasasti Emas Suwarnapatra, Arca Wairocana, Piagam Padang Ratu, Pedang (Katana), Lukisan Abstrak Karya Amri Yahya, Perahu Lesung, Kaghas Pengobatan Tradisional, dan beberapa koleksi lainnya.

Selain itu, museum ini juga menampilkan berbagai koleksi dan informasinya dengan beragam tema, yakni Sejarah Alam Sumatera Selatan, Kehidupan Manusia Prasejarah di Sumatera Selatan, dan Sungai Musi dalam Peradaban Masyarakat Sumatera Selatan pada Gedung Pameran Tetap I. Lintasan Sejarah Sumatera Selatan: dari pra-Sriwijaya hingga sekitar Kemerdekaan pada Gedung Pameran Tetap II dan Kerajinan Tradisional Sumatera Selatan pada Gedung Pameran Tetap III.

Selain itu, terdapat pula Taman Megalit, Bangsal Arca, Rumah Limas, dan Rumah Ulu. Di setiap ruang pamer tersebut, dilengkapi dengan media informasi koleksi yang dipamerkan, berupa caption, dan label.

Visi Museum Negeri Sumatera Selatan adalah “Museum Negeri Sumatera Selatan sebagai Media Informasi Sejarah dan Budaya Sumatera Selatan. *

BACA JUGA:Museum Negeri Sumsel Lakukan Konservasi Koleksi Rumah Tradisional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com