Honda

Museum Negeri Sumsel Lakukan Konservasi Koleksi Rumah Tradisional

Museum Negeri Sumsel Lakukan Konservasi Koleksi Rumah Tradisional

PALEMBANG, PALPRES.COM - Guna menjaga dan memelihara kualitas koleksi Rumah Tradisional, Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) Balaputra Dewa melakukan konservasi perawatan kepada Rumah Limas dan Rumah Ulu, Selasa (19/07/2022).

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H Chandra Amprayadi SH melalui Kasi Koleksi Museum Negeri Sumsel, Adie Citra Sandy mengatakan, konservasi ini dilakukan untuk menjaga dan mencegah kerusakan dari serangan serangga yang mengakibatkan benda yang bernilai sejarah tersebut mengalami kerusakan dan rapuh.

“Rumah Limas dan Rumah Ulu ini salah satu koleksi Masterpiece museum. Untuk menjaga kelestariannya, Tim Konservasi koleksi Museum Negeri Sumsel melalukan penyemprotan cairan pada bagian lantai dan tiang dari serangan hama,” jelasnya.

Dikatakannya, perawatan merupakan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara perawatan rutin sehari-hari maupun berkala untuk menjaga kebersihan atau keterawatan benda bersejarah tersebut.

BACA JUGA:Kursi Kuno, Pelengkap Koleksi Rumah Limas

“Biasanya penyemprotan dilakukan 3 bulan sekali, namun jika ada serangan hama maka akan langsung dilakukan perawatan dan pencegahan,” tegasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam melakukan perawatan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi keterawatan benda, baik dengan cara perawatan tradisional maupun modern.

“Karena sesuai fungsi museum adalah merawat, menjaga, memelihara serta melindungi benda-benda bersejarah sehingga tetap terjaga kelestariannya serta bisa dinikmati oleh masyarakat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: