Honda

Ketua TP PKK Panen Cabai, Sebut 5 Hal Ini Ciptakan Ketahanan Pangan

Ketua TP PKK Panen Cabai, Sebut 5 Hal Ini Ciptakan Ketahanan Pangan

Ketua TP PKK dr Sheila Noberta SpA MKes saat panen cabai mengatakan gerakan mandiri pangan yang merupakan inovasi dari Gubernur Sumatra Selatan dan gerakan merdeka pangan di hatinya perempuan yang merupakan inovasinya Bupati OKU Timur perlu didukung. -Istimewa-Palpres.com

MARTAPURA, PALPRES.COM- TP PKK Kabupaten OKU Timur panen cabai, guna menunjang program Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dalam program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), Selasa 24 Januari 2023 di Desa Tebet Jaya Kecamatan Buay Madang.

Ketua TP PKK dr Sheila Noberta SpA MKes saat panen cabai mengatakan gerakan mandiri pangan yang merupakan inovasi dari Gubernur Sumatra Selatan dan gerakan merdeka pangan di hatinya perempuan yang merupakan inovasinya Bupati OKU Timur perlu didukung. 

“Gerakan ini merupakan gerakan baik sekali dalam menciptakan ketahanan pangan keluarga, kita merubah pola pikir dari konsumen atau pembeli menjadi produsen atau penghasil, naiknya harga kebutuhan pokok banyak warga yang menjerit, namun solusinya yaitu GSMP atau inovasi Merdeka Pangan di Hatinya Perempuan,” kata Ketua TP PKK.

BACA JUGA:Bupati OKU Timur Buka Bazar UMKM Zona III, Disambut 100 Orang penari Bali

Dilanjutkannya, program TAPI PKK dalam mandiri pangan juga telah menjawab keluhan masyarakat akan kebutuhan pokok, dahulu masyarakat desa menjual pangan ke kota sekarang tidak orang desa sudah banyak membeli, sekarang kita merubah semuanya. 

“Mari merubah pola pikir kita dari konsumen menjadi produsen, bagaimana merubahnya yaitu dengan membentuk ketahanan pangan di keluarga masing-masing, dan itu merupakan program pokok PKK untuk membentuk ketahanan pangan agar keluarga lebih berdaya, keluarga lebih sejahtera, kebutuhan pangan sehari hari tidak perlu beli,” ungkapnya.

Di Program PKK ada Program Hatinya PKK yaitu halaman asri teratur indah dan nyaman, ada lima unsur yang harus ada untuk menciptakan ketahanan pangan, yaitu warung hidup, apa yang ada di warung ada di perkarangan kita. 

BACA JUGA:Dana Bansos Rp3.000.000 Segera Cair, Pastikan Nomor KIS Kamu Aktif, Cek di Sini

“Kemudian lumbung hidup seperti umbi-umbian, tanaman keras seperti buah-buahan dan tanaman toga atau tanaman obat keluarga, serta peternakan dan perikanan, jika sudah punya lima ini tidak usah beli lagi dan ini yang di namakan sejahtera,” ungkapnya. 

Diungkapnya, jika pendapatan kita satu juta namun tidak keluar apapun untuk kebutuhan hidup itu namanya sejahtera, sehingga uang yang ada bisa di gunakan untuk investasi, dan ini yang diinginkan oleh Gubernur Sumatra Selatan dan Bupati OKU Timur dalam mewujudkan masyarakat sejahtera. 

“Dalam mewujudkan GSMP pemerintah harus melibatkan TP PKK biar bisa terwujud, kemudian diminta kepada aparat desa untuk memanfaatkan lahan kosong, terkait bibit Pemerintah siap bantu,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, Selain Naik 3,3 Persen, Gaji 13 dan THR 2023 PNS dan PPPK Dipercepat Penyalurannya

Masih kata dr Sheila, GSMP sasarannya adalah masyarakat miskin, tujuannya untuk menurunkan angka kemiskinan sementara gerakan merdeka pangan di hatinya perempuan adalah program untuk semua masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com