Honda

KABAR GEMBIRA! 166 Rumah Warga di Kabupaten OKU Terima Program BSPS Kementerian PUPR, Cek Lokasinya

KABAR GEMBIRA! 166 Rumah Warga di Kabupaten OKU Terima Program BSPS Kementerian PUPR, Cek Lokasinya

Ilustrasi Renovasi RTLH-Istimewa/NET-

OKU, PALPRES. COM- Kementerian PUPR Republik Indonesia terus memberikan bantuan bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hunian yang lebih layak.

Kali ini, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang mana program itu merehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dengan mengucurkan perehaban RTLH melalui program BSPS di Kabupaten OKU sebanyak 166 rumha yang berada di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya.

Program ini diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd didampingi Kepala Dinas Perkim, Ir Ulia Mahdi MM dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya beberapa hari lalu. 

BACA JUGA:SELAMAT! Pemilik BPJS Kesehatan Tipe KK Ini Bisa Dapat Bansos BPNT Rp200.000 Januari 2023

Dia menjelaskan, Program ini telah terbukti efektif mengurangi jumlah RTLH di Kabupaten OKU sekaligus menggerakan perekonomian lokal.

“Untuk total keseluruhan di Bumi Sebimbing Sekundang selama tahun 2022 ada 437 unit rumah yang mendapatkan program bedah rumah,” kata Ulia.

Dia menjelaskan, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya itu menerima 166 unit dengan perincian diantaranya Desa Kedaton 68 unit rumah, Desa Kampai 11 unit rumah, Desan Rantau Panjang 11 unit rumah, Desa Suka Pindah 57 unit Rumah, Desa Lubuk Kemiling 4 unit rumah dan Desa Sinar Kedaton 15 unit rumah. 

Sedangkan untuk Kecamatan Lubuk Batang sebanyak 271 unit RTLH yang menerima bantuan program rehab rumah BSPS.

BACA JUGA:Dandim 0405/Lahat Pimpin Sertijab Puluhan Perwira, Tapi Kok Ada yang Aneh? Apa ya

"Saat ini pengerjaan rehab telah dilaksanakan dan hampir pengerjaan," ujarnya. 

Ditambahkan Ulia, Bantuan BSPS ini untuk setiap unit rumah diberikan bantuan  sebesar Rp 20 juta yang diperuntukan untuk rehab Atap, dinding dan lantai rumah. 

Sementara itu,  pada kesempatan terpisah Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas PU Perkim Kabupaten OKU pada  tahun 2023 ini kembali akan merealisasikan program pembangunan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi rumah layak huni. Dimana sebanyak 50 unit rumah di Kabupaten OKU di tahun 2023 direncanakan akan mendapatkan bantuan program bantuan bedah rumah dengan menggunakan anggaran APBD OKU.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PU Perkim Ir Ulia Mahdi disela – sela menghadiri acara Musyawarah Pembangunan (Musrembang) di kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: