Honda

Harus Diketahui, Petani di Kabupaten OKU Bisa Beli 6 Pupuk Subsidi Untuk Komoditas ini Saja

Harus Diketahui, Petani di Kabupaten OKU Bisa Beli 6 Pupuk Subsidi Untuk Komoditas ini Saja

Kartu Tani-Istimewa-

OKU,PALPRES.COM- Saat ini kelangkaan pupuk bersubsidi hampir merata diseluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), termasuk Kabupaten OKU.

Oleh sebab itulah, langkah Pemkab OKU melalui Dinas Pertanian agar para petani bisa mendapatkan pupuk subsidi dengan menerbitkan kartu tani.

Karena saat ini, petani bisa melakukan pembelian pupuk subsidi di kios-kios pengecer yang sudah ditunjuk pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pertanian OKU, Joni Saihu mengatakan, saat ini petani sudah dapat melakukan pembelian pupuk bersubsidi di kios-kios pengecer yang sudah ditunjuk pemerintah. 

BACA JUGA:Tanda-tanda Kiamat Ini Sudah Terjadi di 2023, Apa Saja Itu?

"Terdapat sebanyak 26 kios pengecer pupuk yang ditunjuk dan sudah dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) sebagai alat transaksi pembayaran menggunakan kartu tani," katanya.

Selanjutnya, para petani yang terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) tinggal membawa kartu tani ke kios agen atau pengecer yang telah ditunjuk tersebut guna mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman. 

“Nantinya mereka tinggal membeli pupuk subsidi memakai kartu tani,” ucapnya.

Sebab, menurut Joni Saihu, pada tahun ini penggunaan kartu tani hanya bisa digunakan dalam penebusan pupuk bersubsidi untuk 9 komoditi pertanian saja. 

BACA JUGA:Cek Disini Nama Penerima Dana PIP 2023 Bagi Pelajar SD, SMP dan SMA Sederajat, Tak Ada KIP Juga Bisa Dapat

Diantaranya meliputi padi, bawang merah, jagung, cabai, bawang putih dan kacang kedelai. 

Sedangkan untuk pertanian karet dan sawit tidak lagi ditebus menggunakan kartu tani.  

“Jadi untuk di Kabupaten OKU, penggunaan kartu tani  hanya bisa menebus kebutuhan pupuk bersubsidi hanya untuk 6 komoditas pertanian yaitu padi, jagung, kedelai, kopi, cabai dan bawang merah,”pungkasnya.

Disamping itu juga kartu Tani berfungsi sama seperti kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: