Honda

5 Desa Eks Transmigrasi di Kabupaten Empat Lawang Sudah Jadi Desa Definitif, Dimana Saja Kecamatannya

5 Desa Eks Transmigrasi di Kabupaten Empat Lawang Sudah Jadi Desa Definitif, Dimana Saja Kecamatannya

Kepala Bidang (Kabid) Transmigrasi, Purwanto-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM - Desa eks pemukiman transmigrasi di Kabupaten Empat Lawang saat ini sudah menjadi desa definitif.

Dalam catatan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Empat Lawang, ada 5 desa di Kabupaten Empat Lawang, yang merupakan desa eks transmigrasi.

Kepala Distransnaker Kabupaten Empat Lawang, Muhibudin SE melalui Kepala Bidang (Kabid) Transmigrasi, Purwanto menjelaskan, kelima desa tersebut antara lain, Desa Pancur Mas (Unit Pemukiman 4) Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Makarti Jaya (Unit Pemukiman 3B) Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Mekar Jaya (Unit Pemukiman 3A) Kecamatan Tebing Tinggi.

"Kemudian, Desa Lubuk Puding Kecamatan Ulu Musi beserta Desa Tanjung Ning Jaya Kecamatan Saling," urai Purwanto.

BACA JUGA:Bukan Isapan Jempol, Koin Rp1000 Kelapa Sawit Ternyata Senilai 3 Unit Yamaha NMAX Baru, Ini Alasannya

Dijelaskannya, ke-5 desa tersebut saat ini sudah berstatus desa definitif dan bukan wilayah pemukiman transmigrasi lagi. 

"Meski demikian, kita selaku pemerintah daerah, masih harus melakukan pembimbingan agar masyarakat di eks transmigrasi itu, menjadi lebih baik penghidupannya masyarakatnya," ungkap Purwanto. 

Saat ini sambung Purwanto, Distransnaker Kabupaten Empat Lawang, melakukan pendataan dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terhadap ke-5 desa tersebut.

"Seperti jumlah penduduknya, sosiologis kemasyarakatannya, termasuk jumlah masyarakat di sana yang masih hidup di bawah garis kemiskinan," jelasnya.

BACA JUGA:HORE! Ada 4 Dana Bansos yang Segera Cair Februari 2023, Khusus Pemilik KIS Aktif

Data tersebut sambung dia, akan sangat berguna ke depannya, untuk melakukan tindakan kebijakan apa yang mesti dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) kepada ke-5 desa itu agar kehidupan masyarakat di 5 desa eks transmigrasi tersebut menjadi lebih baik.

"Sebab, masih banyak masyarakat di sana yang hidupnya di bawah garis kemiskinan," imbuhnya.

Disinggung apakah akan ada program transmigrasi baru di Empat Lawang, ke depan, Purwanto menyebut kemungkinan program transmigrasi baru di Empat Lawang tidak ada. 

Salah satu penyebabnya, belum ada lokasi lahan yang dapat dijadikan lokasi program transmigrasi baru di wilayah kabupaten ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: